Perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


1.faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kelompok sosial
Suatu kelompok sosial yang telah terbentuk akan selalu mengalami dinamika atau perubahan dari masa ke masa, sebab kelompok sosial tidak bersifat statis. Peubahan tersebut berupa adanya penambahan bagian-bagian baru dalam kelompok agar dapat berubah menjadi lebih baik, dan pengurangan bagian tertentu demi efisiensi tugas kelompok.
Ada beberapa kelompok yang lebih stabil daripada kelompok sosial lainnya, artinya struktu sebuah kelompok mengalami perubah yang tidak terlalu mencolok. Dan ada juga kelompok sosial yang berubah dengan cepat yang disebabkan oleh proses formasi atau reformasi dari pola-pola kelompok tersebut.
Ketidakstabilan kondisi pada suatu kelompok sosial disebabkan oleh adanya konflik antarbagian kelompok yang ada. 

Faktor-faktor penyebab konflik tersebut di antaranya sebagai berikut :
a.Tidak ada keseimbangan kekuatan-kekuatan dalam kelompok.
b.Terdapat golongan dalam kelompok yang ingin merebut kekuasaan dengan mengorbankan golongan lain.
c.Munculnya kepentingan yang tidak seimbang yang pada akhirnya menimbulkan ketidakadilan.
d.Ada perbedaan pahan tentang cara-cara memenuhi tujuan kelompok.
Beberapa faktor diatas menyebabkan terjadinya perpecahan dalam kelompok sehingga menimbulkan perubahan struktur. Untuk mencapai keadaan yang stabil dalam masyarakatjga dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan dan ideologi, meskipun keduanya dapat berubah seiring berubahnya struktur. Adakalanya konflik dalam kelompok sosial dapat dikurangi dengan cara mengadakan “kambing hitam”atau scapegoating.
Faktor-faktor dari luar yang menyebabkan perubahan struktur kelompok sosial adalah sebagai berikut :
A.Terjadi perubahan situasi.
Situasi adalah keadaaan di mana kelompok tersebut hidup. Perubahan situasi menimbulkan perubahan struktur kelompok. Ancaman dari luar seringkali menjadi faktor perubahan struktur kelompok. situasi dan kondisi yang datang dari luar memperkuat rasa persatuan dan mengurangi keinginan untuk mementingkan diri sendiri dari para anggota kelompok.
B.Pergantian anggota-anggota kelompok.
Pergantian anggota disuatu kelompok sosial tidak berdampak begitu besar pada perubahan struktur kelompok tersebut, tetapi adakalanya kelompok sosial mengalami guncangan apabila ditinggalkan oleh salah satu atau beberapa anggotanya, terlebih lagi bila anggota tersebut mempunyai kedudukan penting/peran dalam kelompok tersebut.
C. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam situasi sosial dan ekonomi tertentu.
Sebuah kelompok sosial dapat berkembang dengan cepat, tetapi juga bisa berkembang secara lambat. Faktor penyebab terjadinya perkembangan kelompok sosial adalah sebagai berikut :
a.Perluasan tujuan kelompok.
b.Pergantian tujuan kelompok.
c.Persaingan/konflik dalam kelompok.
d.Perubahan keanggotaan dalam kelompok.
e.Perubahan pimpinan kelompok.
f.Konflik dengan kelompok lain.
Perubahan lingkungan dimana kelompok tersebut berada.