Jenis persediaan barang dagangan


Jenis persediaan barang dagangan dapat digolongkan menjadi dua  yaitu sebagai berikut:
1.Jenis Persediaan barang dalam perusahaan dagang
Dalam perusahaan dagang persediaan barang dagang diartikan sebagai seluruh barang yang dibeli dari pemasok, disimpan dalam gudang dan dijual kepada konsumen. Jadi persediaan barang dalam perusahaan dagang tidak mengalami proses pengolahan barang, perlakuan persediaan barang dalam perusahaan dagang hanya dibeli,disimpan dan dijual.
2. Jenis persediaan barang dalam perusahaan manufaktur
Dalam perusahaan manufaktur persediaan barang diartikan sebagai persediaan bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi yang diperuntukan untuk diolah dan dijual kepada konsumen. Jadi persediaan barang dagang dalam perusahaan manufaktur mengalami proses produksi atau pengolahan barang sampai barang tersebut menjadi barang jadi yang siap dijual. Secara lebih jelas persediaan barang dalam perusahaan manufaktur terdiri dari 3 (tiga) jenis yaitu sebagi berikut:
a. Persediaan barang baku (raw material inventory)
yaitu persediaan barang yang masih berwujud bahan baku yang akan diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
b. Persediaan barang dalam proses ( work in proses inventory)
yaitu persediaan barang yang berwujud bahan yang telah mengalami pengolahan atau telah diproses tetapi belum menjadi produk jadi.
c. Persediaan barang jadi (finished goods inventory)
yaitu persediaan barang yang berwujud produk jadi dan siap untuk dijual atau dipasarkan.