Keseimbangan Pasar [Market Equilibrium]

1.  Pengertian
1.a.  Pasar [secara ekonomi] adalah
  1. pertemuan antara potensial pembeli dan penjual baik secara langsung maupun tidak [melalui komunikasi] untuk mengeatasi conflict of interest antara konsumen dan produsen; atau
  2. suatu lembaga yang memungkinkan terjadinya proses pertukaran dengan jalan menyediakan saluran komunikasi antara potensial pembeli dan penjual.
  • Kebutuhan [tak terbatas]
  • Persediaan [terbatas]
  •   ↓
  • Scarcity [kelangkaan]
  •   ↓
  • Competition
  • [produsen><produsen, konsumen><konsumen, produsen><konsumen]
  •   ↓
  • Conflict of interest [produsen><konsumen] => Market
  • Cooperation via exchange
1.b.  Harga Pasar
Pada harga pasar terjadi pertemuan antara keinginan pembeli dan penjual di mana telah ada kesesuaian antara harga yang diinginkan pembeli dan penjual.  Harga pasar merupakan harga yang terjadi pada saat tercapai keseimbangan pasar.
1.c.  Keseimbangan Pasar
Keseimbangan pasar terjadi jika tidak ada excess demand dan excess supply di mana konsumen bersedia membeli pada saat produsen mau menjual pada jumlah dan harga yang sama (∑Qd = ∑Qs).
2.  Syarat-syarat Titik Keseimbangan Pasar
Titik keseimbangan pasar bagi barang dan jasa tertentu harus memenuhi syarat sebagai berikut:
    1. Hanya berlaku untuk nilai-nilai (p dan q) yang positif.
    2. Hanya berlaku untuk titik yang memenuhi syarat bagi (sesuai dengan ciri-ciri dari) Kurva Permintaan maupun Kurva Penawaran.
Jadi keseimbangan pasar hanya ada satu.  Walaupun mungkin ada 2 titik potong antara Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran (secara matematis) tetapi hanya ada satu titik potong antara Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran, dengan kata lain hanya satu yang berlaku sebagai titik keseimbangan pasar.
3.  Penjelasan Secara Grafis
[untuk sementara belum bisa dilihat, tunggu sampai ada penampakan! Hehehe ...]
  • Keterangan:
  • E  =  Equilibrium [Keseimbangan]
  • D  =  Demand [Permintaan]
  • S  =  Supply [Penawaran]
  • q  =  jumlah pada keseimbangan pasar
  • p  =  harga pada keseimbangan pasar
3.a.  Konsumen dan produsen membuat kesepakatan pada harga pe, di mana konsumen ingin membeli barang sebanyak qe, sehingga terjadi keseimbangan pasar barang tersebut pada titik E (D=S).
3.b.  Pada harga p1, terjadi kelebihan penawaran (excess supply) sebesar q1aq1b, dan menimbulkan kompetisi di antara produsen sehingga akan mendorong turunnya harga barang dari p1 ke pe.
3.c.  Pada harga p2, terjadi kelebihan permintaan (excess demand) sebesar q2aq2b, dan menimbulkan kompetisi di antara konsumen sehingga akan mendorong naiknya harga barang dari p2 ke pe.
4.  Contoh-contoh Soal
4.a.  Jika diketahui barang A mempunyai Fungsi Permintaan  p = q² – 12q + 36  dan Fungsi Penawarannya adalah  p = q² + 2q + 1  carilah titik keseimbangan pasar barang A serta nilai-nilai q dan p yang berlaku bagi permintaan maupun penawaran barang tersebut.
Jawab 4.a. …
4.b.  Tentukan titik keseimbangan pasar dari Fungsi Permintaan barang B  8q + 3p = 49  dan Fungsi Penawarannya  8q = p² – 5, serta tunjukkan secara grafis!
Jawab 4.b. …
  • Mau lagi?  …
  • Enak aja nggak mau!  Kalau pingin bisa, ya kerjain latihannya sampai otak encer dan tangan lemes buat gambar grafik, hehehe …
  • Okelah kalau begitu
4+.  Tentukanlah titik keseimbangan pasar barang tertentu yang Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawarannya dirumuskan seperti di bawah ini, kemudian gambarkan titik keseimbangan pasar tersebut dalam satu diagram serta tentukan pula nilai-nilai q dan p yang berlaku bagi permintaan dan penawaran barang tersebut:
  1. D:  p = 30 – 5q²                          dan  S:  p = 2q² + 4q + 6
  2. D:  (q + 20)(p + 10) = 400    dan  S:  2p = q + 7 
  3. D:  q = 2 - 2p                               dan  S:  q = 2p – 3
  4. D:  (3q + 4)/(2q – 1) = p          dan  S:  p = 2q + 1
  5. D:  p = 2q² – 22q + 60             dan  S:  p = q² + 2q + 1
  6. D:  q = p² – 9p + 20                   dan  S:  q = p² – 1
Fungsi Permintaan, Fungsi PenawaranKeseimbangan Pasar, dan Pengaruh Pajak Dan Subsidi Terhadap Keseimbangan Pasar biasanya hanya diberikan dalam 2 kali pertemuan saja dan hampir pasti keluar di UAS [matrix yang mungkin nggak dikeluarkan, karena sangat jarang aplikasinya dalam perekonomian].  Jadi kalau mau lancar, ya kerjakan latihan soal biar saat UAS langsung tahu langkah-langkah penyelesaiannya, 5 menit juga sudah kelar sampai grafiknya. :)  Kalau nggak begitu, pasti susah menelan soalnya, lama mencernanya, waktu habis, dan lewat deh 1 soal, bahkan bisa lebih.
Mudah kok, persamaan sederhana saja.  Berikutnya [kalau waktunya senggang]:  Pengaruh Pajak dan Subsidi Terhadap Keseimbangan Pasar [membuat persamaan sederhana di atas menjadi lebih menarik untuk dipelajari].