Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2 Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
2.3
Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2 Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
|
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia
4.3 Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri
dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4 Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
5.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair,
dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
6. Memahami konsep dan penerapan getaran,
gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1 Mendeskripsikan konsep
getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi
dalam kehidupan sehari-hari
6.3 Menyelidiki sifat-sifat
cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
6.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan
Standar Proses dan Standar Penilaian.