PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INGGRIS
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Beban Belajar
|
||
TM
|
NTM
|
|||||
PT
|
PMTT
|
|||||
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah,
menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji
|
· Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Responding to initial greetings
- very well, thank
you and how are you.
-
I’m good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
Exellent
Closing/ leave taking
- goodbye
-
bye bye, bye now, see you, take care
-
see you later..fine
-
see you …soon
-
see you
tonight..all right
-
good night
|
|
|
|
|
1.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia,
menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
Merespon berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Expreesing happiness : formal
§ oh, I’m so happy.
§ I can’t say how pleased I am.
§ I had a splendid time there.
§ What a marvelous place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting experience.
§ It’s an outstanding adventure.
§ It’ a sensational trip.
|
|
|
|
Mendengarkan
2 Memahami makna teks fungsional
pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna secara akurat,
lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
· Melakukan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
· Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
|
Making, accepting and declining an invitation;
The tone of an invitation is always positive, in anticipation of a
pleasurable occasion. Picture your guests smiling when they read your letter
of invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be
appropriate for an informal occasion, but you should express the details
clearly. For further tips visit to
invite someone
|
|
|
|
|
2.2 Merespon makna dalam teks
monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount,
narrative, dan procedure
|
·
Merespon teks
monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks monolog sederhana
berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
· Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
· Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green
jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g)
coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml)
coconut sugar
- 2 cups (500ml)
coconut milk
- 2 tsp. (30g)
tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken
(cut into small pieces with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised
galangal
Instructions:
- First, cut green jack
fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
- Next, ground onions,
candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken
pieces, stir fry until chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of
water and coconut sugar, bring to a boil.
- Add the green jack
fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut
milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
1.
Procedure text can
be explained as bellow:
Social function
: to describe how something is
accomplished through
a sequence of
actions or steps.
Generic structure:
- Goal.
- Materials (not
required for all procedural texts)
- Steps (a
series of steps oriented to achieving the goal)
|
|
|
|
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
|
3.1 Mengung-kapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal ( bersosiali-sasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan mengguna-kan
ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/
undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
|
· Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal /
transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Responding to initial greetings
- very well, thank
you and how are you.
-
I’m good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
- Fine, thanks.
- Exellent
Closing/ leave taking
- goodbye
-
bye bye, bye now, see you, take care
-
see you later..fine
-
see you …soon
-
see you
tonight..all right.
- good night
|
|
|
|
|
3.2 Mengungkap-kan makna dalam
perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan berteri-ma
dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks kehidu-pan
sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan perasaan bahagia,
menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
· Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
|
Expreesing happiness : formal
§ oh, I’m so happy.
§ I can’t say how pleased I am.
§ I had a splendid time there.
§ What a marvelous place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting experience.
§ It’s an outstanding adventure.
§ It’ a sensational trip.
|
|
|
|
Berbicara
4 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
4.1 Mengung-kapkan makna dalam
bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
· Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
· Melakukan teks lisan fungsional
pendek berupa Pengumuman Kematian dengan
tindak tutur:mengingat kejadian tertentu
· Melakukan teks monolog berbentuk recount
|
Making,
accepting and declining an invitation;
The tone of an invitation is always positive, in
anticipation of a pleasurable occasion. Picture your guests smiling when they
read your letter of invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach
may be appropriate for an informal occasion, but you should express the
details clearly. For further tips visit to
invite someone
|
|
|
|
|
4.2 Mengung-kapkan makna dalam
teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
·
Merespon teks
monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks monolog sederhana
berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
· Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
· Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green
jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g)
coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g)
cumin
- 1/4 cup (62ml)
coconut sugar
- 2 cups (500ml)
coconut milk
- 2 tsp. (30g)
tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken
(cut into small pieces with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised
galangal
Instructions:
- First, cut green jack
fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
- Next, ground onions,
candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken
pieces, stir fry until chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of
water and coconut sugar, bring to a boil.
- Add the green jack
fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut
milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
2.
Procedure text can
be explained as bellow:
Social function
: to describe how something is
accomplished through
a sequence of
actions or steps.
Generic structure:
- Goal.
- Materials (not
required for all procedural texts)
- Steps (a
series of steps oriented to achieving the goal)
|
|
|
|
Membaca
5 Memahami makna teks tulis
fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
· Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan
dan intonasi yang benar
· Mengidentifikasi topik dari teks yang
dibaca
|
identify the structure of recount texts;
Meeting a Star
On Saturday morning at 9:30, I was
walking down Sunda Street,
looking
for a record store. A man stopped me
and asked me the way to the Hyatt
Hotel. I wasn't sure exactly where it
was, but I walked with him to the end
of Sunda Street.
He was very friendly,
and his face looked so familiar. Then I
remembered where the Hyatt was and
told him how to get there. He thanked
me and tried to give me something.
I thought it was money. I said 'no' at
first, but he really wanted me to have
it, so I took it.
I found the record store and listened
to a few records. D' Masive had a new
record that was number two in the top
twenty. I decided to buy it. I looked
in my bag for my wallet and found a
piece of paper the man gave me. It was
a photo. I was so surprised! He was a
singer in D' Masive!
Answer these following questions based on the text in
1. Where was
the writer?
2. What was
he doing?
3. What did
the man ask the writer?
4. How was
the man's character?
5. Did the
writer help the man?
6. What did
the writer decide to buy?
7. What did
he find in his wallet? Explain.
8. How was
he when he knew who the man was?
|
|
|
|
|
5.2 Merespon makna dan langkah
retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
· Mengidentifikasi makna dalam teks procedure
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks procedure
· Menulis teks berbentuk procedure.
|
Teks tulis monolog/esei
sederhana berbentuk procedure,contohnya ;
THE HOLE GAME
Materials needed:
Two
players, one marble per person, a hole in ground,a line (distance) to start
from.
|
|
|
|
Menulis
6 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei
sederhana berbentuk recount,
narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkap-kan makna dalam
bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis
dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
· Membuat draft, merevisi, menyunting
· Menghasilkan teks fungsional pendek
|
Arrange recount texts;
Answer the
following questions.
1. Do you have
a diary?
2. What do
people usually write in it?
3. What sort
of advantages can people get from writing it?
4. Have you
ever written your past experience in a diary?
5. I f
yes, what was it about?
|
|
|
|
|
6.2 Mengung-kapkan makna dan
langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
· Mengidentifikasi makna dalam teks procedure
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks procedure
· Menulis teks berbentuk procedure.
|
Teks tulis monolog/esei
sederhana berbentuk procedure,contohnya ;
THE HOLE GAME
Materials needed:
Two
players, one marble per person, a hole in ground,a line (distance) to start
from.
|