SK, KD Dan Aspek Bahasa Inggris Kelas X Semester 1

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INGGRIS
Satuan Pendidikan    : ................................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas / Semester        : X / 1
Tahun Pelajaran         : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Beban Belajar
TM
NTM
PT
PMTT
Mendengarkan
1.  Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji
·    Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Responding to initial greetings
-       very well, thank you and how are you.
-       I’m good/okay/alright
-       Very well. Thank you
-       Oh, pretty good
-       Not to bad, thanks
-       Fine, thanks.
-       Exellent
Closing/ leave taking
-       goodbye
-       bye bye, bye now, see you, take care
-       see you later..fine
-       see you …soon
-       see you tonight..all right
-       good night
1.2   Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Merespon berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
Expreesing happiness : formal
§  oh, I’m so happy.
§  I can’t say how pleased I am.
§  I had a splendid time there.
§  What a marvelous place I,Ve ever seen.
§  It’s an interesting experience.
§  It’s an outstanding adventure.
§  It’ a sensational trip.
Mendengarkan
2  Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1   Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
§  Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
·   Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
·     Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Making, accepting and declining an invitation;
The tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit to  invite someone
2.2   Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
·    Merespon teks monolog sederhana  berbentuk recount.
·    Melakukan teks monolog sederhana  berbentuk recount
·    Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure
·    Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
·    Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
-    5 onions
-   10 candlenuts
-   10 garlic cloves
-   4 bay Leaves
-   1/2 lb. (250g) green jack fruit
-   2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
-   1-1/4 tsp. (6g) cumin
-   1/4 cup (62ml) coconut sugar
-   2 cups (500ml) coconut milk
-   2 tsp. (30g) tamarind
-   2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces with bone)
-   5 cups (1.25l) water
-   2 inches bruised galangal
Instructions:
-  First, cut green jack fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
-  Next, ground onions, candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
-  Add the chicken pieces, stir fry until chicken changes clour.
-  Then, pour 4 cups of water and coconut sugar, bring to a boil.
-  Add the green jack fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
-  Finally, add coconut milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve  hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
1.             Procedure text can be explained as bellow:
Social function  :  to describe how something is accomplished through
                             a sequence of actions or steps.
Generic structure:
-  Goal.
-  Materials (not required for all procedural texts)
-  Steps (a series of steps oriented to achieving the goal)
Berbicara
3.             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan seharihari.
3.1   Mengung-kapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal ( bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
·    Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Responding to initial greetings
-       very well, thank you and how are you.
-       I’m good/okay/alright
-       Very well. Thank you
-       Oh, pretty good
-       Not to bad, thanks
-       Fine, thanks.
-       Exellent
Closing/ leave taking
-       goodbye
-       bye bye, bye now, see you, take care
-       see you later..fine
-       see you …soon
-       see you tonight..all right.
-       good night
3.2   Mengungkap-kan makna dalam perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan berteri-ma dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks kehidu-pan sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
·    Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
Expreesing happiness : formal
§  oh, I’m so happy.
§  I can’t say how pleased I am.
§  I had a splendid time there.
§  What a marvelous place I,Ve ever seen.
§  It’s an interesting experience.
§  It’s an outstanding adventure.
§  It’ a sensational trip.
Berbicara
4  Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1   Mengung-kapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
·   Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
·   Melakukan  teks lisan fungsional pendek berupa Pengumuman Kematian dengan  tindak tutur:mengingat kejadian tertentu
·   Melakukan teks monolog berbentuk recount
Making, accepting and declining an invitation;
The tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit to  invite someone
4.2   Mengung-kapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
·    Merespon teks monolog sederhana  berbentuk recount.
·    Melakukan teks monolog sederhana  berbentuk recount
·    Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana  berbentuk procedure
·    Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
·    Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
Teks monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
-    5 onions
-   10 candlenuts
-   10 garlic cloves
-   4 bay Leaves
-   1/2 lb. (250g) green jack fruit
-   2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
-   1-1/4 tsp. (6g) cumin
-   1/4 cup (62ml) coconut sugar
-   2 cups (500ml) coconut milk
-   2 tsp. (30g) tamarind
-   2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces with bone)
-   5 cups (1.25l) water
-   2 inches bruised galangal
Instructions:
-  First, cut green jack fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
-  Next, ground onions, candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
-  Add the chicken pieces, stir fry until chicken changes clour.
-  Then, pour 4 cups of water and coconut sugar, bring to a boil.
-  Add the green jack fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
-  Finally, add coconut milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve  hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
2.             Procedure text can be explained as bellow:
Social function  :  to describe how something is accomplished through
                             a sequence of actions or steps.
Generic structure:
-  Goal.
-  Materials (not required for all procedural texts)
-  Steps (a series of steps oriented to achieving the goal)
Membaca
5  Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1   Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
·    Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
·    Mengidentifikasi topik dari teks yang
dibaca
identify the structure of recount texts;
Meeting a Star
On Saturday morning at 9:30, I was
walking down Sunda Street, looking
for a record store. A man stopped me
and asked me the way to the Hyatt
Hotel. I wasn't sure exactly where it
was, but I walked with him to the end
of Sunda Street. He was very friendly,
and his face looked so familiar. Then I
remembered where the Hyatt was and
told him how to get there. He thanked
me and tried to give me something.
I thought it was money. I said 'no' at
first, but he really wanted me to have
it, so I took it.
I found the record store and listened
to a few records. D' Masive had a new
record that was number two in the top
twenty. I decided to buy it. I looked
in my bag for my wallet and found a
piece of paper the man gave me. It was
a photo. I was so surprised! He was a
singer in D' Masive!
Answer these following questions based on the text in
1.    Where was the        writer?
2.    What was he doing?
3.    What did the man ask the   writer?
4.    How was the man's        character?
5.    Did the writer        help the man?
6.    What did the writer decide to               buy?
7.    What did he find        in his wallet?        Explain.
8.    How was he   when he knew                 who the man                 was?
5.2   Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
·    Mengidentifikasi makna dalam teks procedure
·    Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks procedure
·    Membaca nyaring teks procedure
·    Menulis teks berbentuk procedure.
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya ;
THE HOLE GAME
Materials needed:           
Two players, one marble per person, a hole in ground,a line (distance) to start from.
Menulis
6  Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1   Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
·    Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
·    Menulis gagasan utama
·    Mengelaborasi gagasan utama
·    Membuat draft, merevisi, menyunting
·    Menghasilkan teks fungsional pendek
Arrange recount texts;
Answer the following questions.
1. Do you have a       diary?
2. What do people       usually write in it?
3. What sort of       advantages can       people get from       writing it?
4. Have you ever       written your past       experience in a       diary?
5. I           f yes, what was it    about?
6.2   Mengung-kapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
·    Mengidentifikasi makna dalam teks procedure
·    Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dalam teks procedure
·    Membaca nyaring teks procedure
·    Menulis teks berbentuk procedure.
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya ;
THE HOLE GAME
Materials needed:           
Two players, one marble per person, a hole in ground,a line (distance) to start from.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TINGGALKAN KOMENTAR