PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
BAHASA INGGRIS
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Pelajaran : 20 ..... / 20 .....
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Beban Belajar
|
||
TM
|
NTM
|
|||||
PT
|
PMTT
|
|||||
Mendengarkan
7 Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
7.1 Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:
berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat
|
· Mengidentifikasi kata yang didengar
· Mengidentifikasi makna kata
· Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
· Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
· Merespon tindak tutur berterima kasih
· Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
· Merespon tindak tutur memuji
· Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
· Merespon tindak tutur mengucapkan
selamat
· Mengidentifikasi konteks situasi
|
respond to expression of happiness;
1. What do
you think of the situations? Are there good
news or
bad news?
2. What do
you feel when you hear a good news?
3. What do
you feel when you hear a bad news?
4. How do you
respond to someone telling you a good
and a
bad news?
5. What will you do or say to show your
happiness?
6. What will you do or say to show your
sympathy?
7. Will you
be surprised especially when hearing the
bad
news?
|
|
|
|
|
7.2 Merespon makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang
menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan
rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
|
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut
· Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
· Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
· Merespon tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan.
|
respond to expressions of sympathy and showing affection;
1. Congratu- lations.
You get Rp 10.000 credit bonus.
2. You are excellent and brilliant. You
got a great mark
for the
final test.
3. Well done.
You get a free ticket for
this holiday.
4. I 've lost
my wallet somewhere. It's got
Rp. 100,000,-
on it.
5. Did you
hear that Mr. Rendy got a serious cancer
disease?
6. I heard
that Budi was in jail. He was arrested for
traffic violence.
7. Rendi was knocked down by a car.
He was in hospital
for five
weeks.
8. Yesterday,
on the TV news, I saw a bad thunder
storm in
California. Many people
died and got serious
injured.
|
|
|
|
8 Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog
yang berbentuk narrative,
descriptive, dan news item sederhana
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
8.1 Merespon makna yang
terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
· Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan
· Mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan lisan
· Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
|
respond to narrative texts.
Listen to the tape and complete
the following story.
The Little Girl and
the Wolf
James Thurber
One afternoon, a big wolf 1......
in the dark forest for a little
girl to come along carrying 2...... to her
grandmother. Finally, the
little girl
came along and she was carrying
a
basket of food. "Are you
carrying
that basket to your grandmother?"
3 ..........the wolf. The
little girl said
yes she was. So the wolf asked
her
where her grandmother lived and
the
little girl told him and he 4............
into
the woods.
When the little girl 5 ...........the
door of her grand mother's house,
she
saw there was somebody in bed
with
a nightcap and 6 .......... She
had
approached no nearer than
twenty-five
feet from the bed when she 7.....................
it
was not her grandmother but the
wolf,
for even in a nightcap a wolf
doesn't
look anymore like your
grandmother
than 8.............. lion looks
like Calvin
Coolidge. So
the little girl took an automatic out of her basket and shotthe wolf dead.
|
|
|
|
|
8.2 Merespon makna
dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative,
descriptive, dan news item
|
· Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar
· Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
· Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
· Mengidentifikasi inti berita yang didengar
· Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
|
respond to narrative texts.
Study the following explanation. Then, listen to
your teacher reading another story and complete the table
Different writers organise
their stories in different ways.
· However, they usually give their information about:
· the setting (the place, time)
· the characters (the people in the story)
· the events (the conflict in the story)
·
the outcome (what
happened in the end)
|
|
|
|
Berbicara
9 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
9.1 Mengungkap-kan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji,
dan mengucapkan selamat
|
· Menggunakan tindak tutur berterima kasih
· Merespon tindak tutur berterima kasih
· Menggunakan tindak tutur memuji
· Merespon tindak tutur memuji
· Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat
· Merespon tindak tutur mengucapkan selamat
|
use expression
of happiness
Answer thesequestions orally.
1. What do
you usually say when you are pleased or happy?
2. What do
you usually say when you want to attract
someone's
attention?
3. Do you
have different expressions when showing
your happiness in front of your friends
and elderly
people?
If yes, what are the expressi- ons?
4. One of
your friends had an accident. What do you say
to show
your sympathy?
5. Your
brother has a problem. He looks sad. What
will
you say
to show your affection?
|
|
|
|
|
9.2 Mengungkap-kan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut,
menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
|
· Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut
· Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut
· Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
· Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya
· Menggunakan tindak tutur menerima
undangan
|
use expressi-ons of sympathy and showing affection;
1. It's
really great. I'm so happy.
2. I'm
delighted to hear that.
3. It gives
me a great pleasure.
4. What a
nice news. It makes me happy.
5. I'm really
sorry to hear that!
6. Oh that's awful. What a shame.
7. Are you fine?
8. Oh dear. I
know how it feels.
9. Please accept my condolen- ces !
10. What a terrible
situation for you.
|
|
|
|
10 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek
dan monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
10.1 Mengungkap-kan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
· Memberi pengumuman lisan
· Menyampaikan undangan lisan
· Melakukan monolog untuk mengiklankan sesuatu
· Menggunakan bahasa lisan
|
perform a monologue of narrative texts.
Blind Listening
A stupid man was sent by his father to
sell salt. He first went to a mining area but nobody there wanted
His salt. When
he returned home, his father told him that if he had helped the miners to
dig, they would havebought his salt.
The man next went to a house where a
wedding was taking place.
There he dug a
huge hole. This made the people angry and they chased him away. When he
returned home, his father told him that if he had beaten a
drum and danced
instead, the people
there would have
bought salt from him.
Then, he went to a village where
there happened
to be a fire. Rushing
to the place, he
started drumming and dancing, only to be thrown out by the people. His father
told him that he
should have
poured water on the fire instead, if he wanted to sell salt there.
In the next place he went to, a
couple were
fighting with each other.
The foolish man
poured a bucketful
of water on
them, again to be chased
away. His father
later told him that he should have tried to settle the quarrel, in which case
they would have bought
salt from him.
In the final event, the man saw
two bulls
fighting with each other. He stepped in to stop the fight and was gored to
death by angry bulls
|
|
|
|
|
10.2 Mengungkap-kan
makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
descriptive, dan news item
|
· Menggunakan kalimat simple present dalam mendeskripsikan benda
atau orang
· Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah berita
· Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi
· Bercerita secara lisan
· Menjadi reporter
· Menjadi toryteller
|
perform a monologue of narrative texts.
|
|
|
|
Membaca
11 Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
· Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang di bahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
· Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
· Mengidentifikasi informasi tertentu
|
identify the structure of narrative texts;
|
|
|
|
|
11.2 Merespon makna dan
langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item
|
· Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
· Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
· Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan
· Mengidentifikasi inti berita yang didengar
· Mengidentifikasi sumber berita yang didengar
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
|
identify meanings
and information in narrative texts
read and understand
narrative texts.
|
|
|
|
Menulis
12 Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional
pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news
item dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
12.1 Mengungkap-kan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis
dengan akurat
· Menulis gagasan utama
· Mengelaborasi gagasan utama
· Membuat draft, merevisi, menyunting
· Menghasilkan teks fungsional pendek
|
• develop a paragraph of narrative
texts;
• write main ideas and its
supporting ideas;
|
|
|
|
|
12.2 Mengungkap-kan
makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item
|
· Menggunakan kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita
· Menggunakan kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi
· Menggunakan adverbial clause dalam menulis sebuah narasi
·
Menghasilkan teks berbentuk news item
· Menghasilkan teks berbentuk narrative
|
write narrative tex
|