a. Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah
proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap prencanaan (aktifitas)
produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah
organisasi.
Kegiatan manajemen produksi meliputi :
1. Perencanaan (desain) produksi
2. Pengendalian (berkaitan dengan persediaan) produksi
3. Pengawasan Produksi (berkaitan dengan mutu/quality control)
b. Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah
suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan
analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan.
Kegiatan pemasaran antara lain menetapkan product yang disukai pasar, harga, promosi dan penempatan jalur distribusi.
Fungsi pemasaran meliputi :
- penjualan
- pembelian
- pengangkutan
- pembelanjaan
- penanggungan resiko
- standarrisasi dan gading
- informasi pasar
Kegiatan manajemen pemasaran antara lain:
- riset pasar merupakan bagian terpenting untuk mengetahui keinginan, sikap dan tingkah laku konsumen terhadap produk yang akan dijual.
- Segmentasi pasar yakni proses kegiatan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan dilayani oleh perusahaan.
- Promosi terpadu (promotional mix) merupakan ussaha memperkenalkan produk secara terpadu yang dapat dilakukan melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan personal selling.
c. Manajemen keuangan
Manajemen keuangan adalah
suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana
perusahaan yang efektif dan efesien guna mencapat tujuan yang telah
ditetapkan perusahaan.
Manajemen keuangan mempunyai tugas antara lain :
- memanfaatkan peluang dalam memperoleh dana intern maupun ekstern
- Pengalokasian dana untuk menunjang kegiatan perusahaan.
- Penggunaan dana yang dilakukan secara efisien dan efektif.
d. Manajemen personalia
Manajemen personalia adalah
bagian dari manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi
tenaga kerjadalam suatun organisasi agar tujuan yant telah ditetapkan
dapat dicapai secara optimal.
Kegiatan manajemen personalia antara lain ;
- Pengadaan pegawai
- pemilihan tenaga kerja
- penyeleksian pegawai untuk menentukan posisi jabatan yang sesuai.
- mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk pegawai.
- Menyediakan fasilitas, kesejahteraan dan gaji yang memuaskan.
- Melakukan rotasi jabatan
- Memotivasi pegawai dengan dmemberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi.
- melakukan pemberhentian dan pesiun pegawai.
e. Manajemen Administrasi
Manajemen administrasi
merupakan bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang
administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif
dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.
Kegaitan manajemen administrasi antara lain :
- Pengadministrasian seluruh kegiatan
- Menginventarisasi peralatan kantor
- Penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen.
- Melakukan pengasrsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.