1. Pengertian Pasar Output
Pasar output adalah pasar tempat barang/ jasa diper-dagangkan. Pasar output
atau yang biasa disebut pasar saja merupakan tempat bertemunya permintaan dan
penawaran sehingga bisa berinteraksi untuk membentuk harga keseimbangan.
2. Struktur pasar
Struktur pasar adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku
dan kinerja perusahaan dalam pasar. Faktor-faktor tersebut adalah
- Jumlah perusahaan yang berada di pasar
- Skala produksi
- Banyaknya pembeli
- Biaya memasuki pasar
- Informasi mengenai keadan pasar
- Mudah tidaknya memasuki pasar
3. Jenis-jenis Struktur Pasar
Jenis struktur pasar dibagi menjadi tiga jenis:
a. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan bentuk sempurna sebuah pasar.
Ciri-cirinya:
-Pembeli dan penjual sangat banyak.
-Perusahaan menjual produk yang standar atau memiliki tingkat homogenistas
yang sangat tinggi.
-Penjual dan pembeli memperoleh informasi yang sempurna mengenai kondisi
pasar.
-Perusahaan dan sumber daya produksi bebas bergerak.
-Perusahaan dapat keluar dari pasar atau masuk ke pasar dengan sangat
mudah.
b. Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terdiri dari satu penjual yang melayani
permintaan yang sangat banyak dan produk yang dijual tersebut tidak memiliki
subsidi. Sebab-sebab terjadinya monopoli:
-Monopoli sumber daya
-Monopoli Ciptaan Pemeritah
-Monopoli Alamiah
c. Oligopoli (Duopoli)
Pasar oligopoli adalah struktur pasar di mana terdapat sedikit perusahaan
saja yang menjual produk-produknya yang identik satu sama lain. Bentuk paling
sederhana dari oligopoli adalah duooli, yaitu hanya ada dua perusahaan yang
berada di pasar guna melayani permintaan konsumen. Dalam pasar oligopoli
perusahaan dapat menentukan sendiri harga produknya. Pasar oligopoli ditandai
oleh beberapa produsen yang menguasai pasar. Dalam pasar oligopoli terdapat
ketergantungan terhadap perusahaan lain. Artinya tindakan suatu perusahaan
dalam pasar oligopoli haruslah memperhatikan tindakan yang diambil oleh pesaing.
Terdapat beberapa model dalam pasar oligopoli. Yang pertama yaitu kolusi,
pengertiannya adalah persetujuan antarperusahaan dalam industri untuk
membagi-bagi pasar dan menetapkan harga. Kedua kepemimpinan harga, merupakan
bentukkolusi informal (tidak resmi) atau diam-diam yang terjadi pada ndustri
yang memiliki kepemimpinan harga.
d. Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolisik merupakan pasar yang nyata nyata terjadi
dalam kehidupan sehari-hari. Pasar persaingan monopolistik adalah pasar yang
mengambil sebagian lagi ciri pasar persaingan sempurna. Pasar monopolistik
merupakan suatu struktur pasar di mana terdapat banyak perusahaan yang menjual
produk produk sejenis, tetapi bervariasi berdasarkan merek.