Kultum Tentang Perbedaan



Assalamualaikum Wr…Wb…
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat allah swt yang telaH menumpahkan kita begitu banyak nikmat yang tidak dapat kita hitung salah satunya nikmat melihat cewek.
Tak lupa pula kita haturkan solawat serta salam kepada seorang pemuda pembawa perubahan besar pada dunia yang merubah akhlak yang kurang ajar menuju akhlak yang terpelajar, dari zaman mengembara domba menuju zaman mengembara shaun the sheep. Pemuda yang menjadi tauladan hidup bagi semua umat manusia, beliau adalah baginda rassullallah saw.
Baiklah kita awali kultum kita dengan sebuah pertanyaan “apa yang membuat pari itu lebih gagah dari ronaldo? Apakah dia karena anak dasan tinggang atau karena dia anak gubernur, tetapi yang pasti adalah karena perbedaan. Jadi judul pidato kita kali ini adalah perbedaan.
Kawanku yang dirahmati allah swt, allah swt menciptakan kita dengan berbeda, allah menciptakan makhluknya berbeda-beda, jika manusia diberi akal tidak dengan hewan hanya diberi nafsu. Maka dari itulah allah menciptakan berbeda-beda pada makhluknya. Begitu juga nazril ilham gagah karena saya yang jelek, ilmu takkan maju jika ada perbedaan, takkan indah hidup ini jika tidak ada perbedaan, sungguh hidup ini indah dan bermanfaat bila kita saling mengerti perbedaan. Perbedaan bukanlah hal yang harus ditertawai, perbadaan bukanlah hal yang membuat kita terpecah, perbedaan bukanlah hal yang harus kita banggakan. Jadi jangan bangga hai syahrini karena kamu cantik, jujur kamu cantik karena ada yang jelek. Namun perbedaan adalah hal yang harus kita hormati dan hargai. Jika begitu banyak manusia diciptakan dalam keadaan sama, maka tidak ada yang akan kita dapat nikmati dari hidup ini.
Kawan-kawan ku yang 3 cinta, cinta kepada allah swt, cinta kepada para nabi dan cinta kepada kedua orang tua, yang menjunjung tinggi dua jari, dan dalam 1 iman dalam jalan keselamatan. Perbedaan itu adalah sunatullah, maka dari itu ada yang diciptakan dengan kekurangn dan kelebihan, ada yang locong ada jga yang peos dan dagul, maka dari itu juga apa yang dapat kita banggakan menjadi manusia sekarang ganteng besok 20 tahun lagi menjadi keriput, jika sekarang sehat kita tidak akan pernah tahu ajal akan menjemput kiata nanti. Jadijanganpernah kita sekali kali kita kucilkan orang karena pebedaan, karena kekurangan. seperti kata nenek moyang kita “bhineka tunggal ikha” jadi karena perbedaan yang dapat kita saling mengerti dan terima kita akan menyatu ddan hidup ini akan menjadi indah. Perbedaan adalah hal yang membuat kaya hal yang membuat hidup ini berjalan, perbedaan juga dapat memperkaya seperti Indonesia yang punya beragam bahasa kalo kita Lombok  orang Lombok akan bilang “ite kanak Lombok” beda lagi kalau kita pergi ke istana Negara pak presiden akan bilang “saya adalah orang yang membantu masyarakat Indonesia”
Perbedaan itu adalah rahmat. Jika sesorang kekurangan maka disitulah peluang kita untuk berbuat baik. Karena perbedaan kita bisa saling membantu, saling mengasihi saling mencintai. Tetapi perbedaan itu sangt dilarang keras dalam hal keyakin beragama. Bahwa jangan diragukan lagi bahwa agama yang diridhoi allahh swt adalah agama islam, agama yang membawa kita kejalan keselamatan.
Dan jangan pernah kita ragukan lagi bahwa al qur’an, al hadist, dan ijtihad adalah sumber petunjuk bagi kita kejalan yang  benar.
Cukup sampai disin saja kultum kita, jika ada kelebihan jangan dikembalikan jika ada kekurang mohon ditambahkan, kesalahan datangnya dari saya maka maafkanlah penceramah yang kurang ilmu ini.
Assalamualaikum wr… wb…
Ditulis oleh: Kamarudin (XII IPS3 2013/2014), SMAN 1 SAKRA TIMUR, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.