Prospek Kerja Teknik Pertambangan



Prospek Kerja Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan dengan penghasilan tinggi. Hal tersebut tidaklah salah, mengingat pekerjaan bagi seorang lulusan teknik pertambangan tidaklah mudah dan sebagian besar peminat lulusan jurusan teknik pertambangan adalah perusahaan-perusahaan bonafit.

Pemerintahan
Tak perlu bingung jika anda merupakan sarjana Program Studi Teknik Pertambangan. Pada bidang pemerintahan anda dapat bekerja di Departeman Pertambangan dan Energi sebagai konsultan maupun peneliti, dapat bekerja di Departemen Perindustrian yang juga menangani industri-industri pertambangan yang ada di Indonesia.


Industri

Pada bidang ini, seorang sarjana jurusan teknik pertambangan dapat berkarir di berbagai perusahaan-perusahaan bonafit di Indonesia maupun luar negeri. Anda dapat bekerja di perusahaan BUMN macam Pertamina dan Petrokimia. Selain itu anda juga bekerja di perusahaan swasta macam PT. Freeport, PT. INCO, maupun PT. Berau Coral.


Pendidikan
Selain bekerja sebagai pekerja di beberapa perusahaan dan instansi, anda juga dapat bekerja di sebuah perguruan tinggi sebagai pengajar. Menjadi dosen di jurusan teknik pertambangan dapat menjadi pilihan tepat jika anda mampu menguasai teori-teori teknik pertambangan. Selain dosen, anda dapat pula menjadi peneliti di sebuah universitas.

Memang salah satu hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan di atas adalah kemahiran anda dalam menguasai teknik pertambangan. Namun hal itu belumlah cukup, jika anda tak berusaha dan tekun. Dengan diimbangi ketekunan dan usaha yang gigih, maka tak akan sulit bagi anda untuk bekerja pada salah satu Prospek Kerja Teknik Pertambangan yang telah dijelaskan pada artikel ini.