Program Studi Ekonomi Syariah


Program Studi Ekonomi Syariah mempelajari tentang ilmu pengetahuan masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah juga disebut ekonomi islam atau sistem ekonomi koperasi berbeda dari kapitalisme, sosialisme. Berbeda dari kapitalisme karena Islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap buruh yang miskin, dan melarang penumpukan harta. Selain itu, ekonomi dalam tritium Mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah yang teraplikasi dalam etika dan moral.

Terdapat banyak perguruan tinggi atau universitas yang membuka Program Studi Jurusan Ekonomi Syariah ini. Namun, dari beberapa sebagian besar perguruan tinggi yang membuka jurusan ini, UNAIR merupakan perguruan tinggi yang mungkin bisa dibilang diminati oleh para pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang kuliah. Tentu saja tak menutup kemungkinan perguruan tinggi lain menjadi tujuannya.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar ketika mengikuti pembelajaran di jurusan ini, setidaknya memiliki kemampuan penunjang sebagai berikut :
  • Matematika
  • Ekonomi
  • Bersosial
Demikian ulasan tentang Program Studi Ekonomi Syariah, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, sehingga nantinya tidak bingung untuk memilih jurusan yang tepat. Selain penjelasan tentang jurusan teknik perminyakan ini, anda juga dapat membaca Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah sebagai bahan pertimbangan.