Setelah melakukan segmentasi pasar dalam usaha membidik kelompok pelanggan tertentu, langkah berikutnya adalah menemukan apa yang diinginkan pelanggan. Pemosisian (positioning) berarti membuat gambar yang mencerminkan bagaimana produk atau jasa anda dimata konsumen setelah melakukan analisa terhadap konsumen. Langkah – langkah yang dibutuhkan dalam pemosisian produk:
a. Memilih kriteria kunci yang secara efektif membedakan produk atau jasa dalam industri.
b. Membuat diagram dua dimensi peta pemosisian produk dengan kriteria yang ditetapkan pada setiap sumbu.
c. Menempatkan produk/jasa pesaing dalam resultan matriks empat kuadran.
d.
Mengidentifikasi bidang – bidang dalam peta pemosisian tempat produk
atau jasa paling dapat bersaing dalam pasar sasaran tertentu.
e. Mengembangkan rencana pemasaran untuk memposisikan produk atau jasa perusahaan secara tepat.
Karena hanya dua kriteria yang dapat dikaji pada suatu peta pemosisian produk,
harus
banyak peta yang dibuat untuk menilai berbagai pendekatan terhadap
implementasi strategi. Beberapa pedoman dasar untuk menggunakan peta
pemosisian
a. Carilah lubang atau ceruk yang kosong
b. Jangan
menempatkan diri diantara segmen. Segala kelebihan dari berada diantara
segmen (seperti sasaran pasar yang lebih besar )dihilangkan dengan
kegagalan memuaskan satu segmen.
c. Jangan melayani dua segmen dengan
strategi yang sama . Biasanya strategi yang berhasil dengan satu segmen
tidak secara langsung dipindahkan ke segmen lain.
d. Jangan
memposisikan diri anda di tengah - tengah peta. Bagian tengah biasanya
berarti strategi yang secara tidak jelas dianggap mempunyai
karakteristik yang membedakan.