Definisi Sistem Pengendalian Manajemen :
Menurut Suadi Sistem pengendalian manajemen adalah: sebuah
sistem yang terdiri dari beberapa sub sistem yang saling berkaitan,
yaitu: pemrograman, penganggaran, akuntansi, pelaporan, dan
pertanggungjawaban untuk membantu manajemen
mempengaruhi orang lain dalam sebuah perusahaan, agar mau mencapai
tujuan perusahaan melalui strategi tertentu secara efektif dan efisien."
(1999:8-9).
Menurut Anthony dan Reece ( 1989:824 )sistem pengendalian manajemen adalah :
nfluence members of the organization to implement the organization.
yang kurang lebih memiliki arti bahwa sistem pengendalian manajemen
memiliki fungsi pengendalian terhadap aktivitas-aktivitas dalam suatu
organisasi yang diupayakan agar sesuai dengan strategi badan usaha untuk
mencapai tujuannya.
Kegiatan pengendalian dapat diklasifikasikan
dalam dua jenis yaitu, pengendalian manajemen (management control) dan
pengendalian operasional (operational control). Pengendalian manajemen
mengarah pada pengendalian kegiatan secara menyeluruh demi mendapatkan
keyakinan bahwa strategi perusahaan telah dijalankan secara efektif dan
efisien. Sedangkan pengendalian operasional hanya menyangkut tugas-tugas
tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Dalam
kaitannya dengan fungsi manajemen, pengendalian manajemen merupakan
penerapan semua fungsi manajemen, Dikatakan demikian, karena dalam
pelaksanaan pengendalian manajemen meliputi kegiatan perencanaan
operasional perusahaan, pengorganisasian kegiatan, koordinasi kegiatan,
pengendalian kegiatan dan pembinaan pelaksana kegiatan, Konsep sistem
pengendalian manajemen juga diartikan sebagai manajemen secara
keseluruhan. Sistem pengendalian manajemen adalah sistem yang menyeluruh
ke semua aspek kegiatan perusahaan. Dalam proses pengendalian manajemen
terdapat beberapa bagian kegiatan yaitu penyusunan program, penyusunan
anggaran, pelaksanaan dan pengukuran kegiatan, serta pelaporan dan
analisis kegiatan. Sedangkan dalam struktur perusahaan terdapat beberapa
hal yaitu: struktur organisasi, aliran informasi, pusat
pertanggungjawaban dan pelimpahan wewenang, serta tolok ukur prestasi
dan motivasi.
Menurut
Suadi (1999:10) konsep sistem pengendalian manajemen terkandung
pengertian proses pengendalian, dan straktur pengendalian sebagai sistem
pengendalian manajemen secara keseluruhan. Struktur diartikan sebagai
suatu kerangka sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang membentuk
sistem itu sendiri. Sedangkan proses di dalam konsep sistem pengendalian
manajemen adalah untuk menjelaskan bagaimana bekerjanya masing-masing
bagian di dalam sistem tersebut dalam pencapaian tujuannya, dan untuk
memastikan bahwa hasil-hasil yang dicapai telah sesuai dengan rencana.
Salah
satu elemen struktur pengendalian manajemen seperti yang telah
dikemukakan itu adalah pusat pertanggungjawaban. Pusat
pertanggungjawaban merupakan suatu unit organisasi yang dipimpin oleh
seorang manajer yang bertanggung jawab. Suatu pusat pertanggungjawaban
dapat dipandang sebagai suatu sistem yang mengolah masukan menjadi
keluaran.
Sistem pengendalian manajemen
terdiri dari Struktur pengendalian manajemen dan proses pengendalian
manaj emen. Struktur pengendalian manajemen dinyatakan dalam bentuk unit
organisasi dan sifat informasi yang ada diantara unit-unit ini. Secara
umum sistem pengendalian manajemen akan berpusat pada bermacam-macam
jenis pusat pertanggungjawaban. Sedangkan proses pengendalian manajemen
meliputi hubungan komunikasi informal dan interaksi antara manajer dengan karyawan.
Hal
ini ditegaskan oleh Anthony dan Dearden ( 1989:20 ) sebagai berikut:
other managers and between managers and workers. These informal
activities take place within a formal planning and control system. Such a
formal system includes the following activities : (1) programming, (2)
Menurut Shillinglaw dan McGahran ( 1993:749 ) ada tiga macam bentuk pengendalian yaitu :
1. Personal controls
yaitu
pengendalian yang ditekankan pada sikap dan motivasi orang yang
terlibat dalam organisasi, misalnya penilaian karyawan dan kultur
organisasi. Bentuk pengendalian ini merupakan serangkaian peraturan yang
tidak tertulis.
2. Action controls
yaitu pengendalian yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dan tugas yang diberikan kepada karyawan.
3. Result controls
yaitu pengendalian yang ditekankan pada hasil dari pelaksanaan operasi karyawan