PEST analysis
terkait dengan pengaruh lingkungan pada suatu bisnis. PEST merupakan
suatu cara atau alat yang bermanfaat untuk meringkas lingkungan
eksternal dalam operasi bisnis. PEST harus ditindaklanjuti dengan
pertimbangan bagaimana bisnis harus menghadapi pengaruh dari lingkungan
politik, ekonomi, sosial, dan teknologi.
a. Political
Faktor-faktor politik yang dianalisis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan antara lain:
• Upah minimum
• Pengendalian harga
• Kesempatan bekerja yang sama untuk semua orang
• Keselamatan dan kesehatan dalam pekerjaan
• Dimana lokasi pabrik boleh didirikan
• Apa yang boleh dikeluarkan pabrik itu ke udara
• Berapa keributan yang boleh dilakukan dalam berproduksi
• Apakah perusahaan dapat melakukan periklanan dan iklan mana yang boleh dilakukan
• Peraturan dan perlindungan lingkungan
• Perpajakan (perusahaan; konsumen)
• Peraturan perdagangan internasional
• Perlindungan konsumen
• Hukum ketenagakerjaan
• Perusahaan/sikap pemerintah
• Peraturan kompetisi
b. Economic
Keadaan
perekonomian pada waktu sekarang dan di masa yang akan datang dapat
mempengaruhi kemajuan dan strategi perusahaan. Faktor-faktor ekonomi
yang spesifik yang dianalisis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan
termasuk:
• Pertumbuhan ekonomi
• Kebijakan moneter
• Pengeluaran pemerintah
• Kebijakan ke arah unemployment
• Tahapan siklus bisnis. Ekonomi dapat diklasifikasikan seperti dalam keadaan depresi, resesi, kebangkitan (recovery) atau kemakmuran.
•
Gejala inflasi dan deflasi dalam harga barang-barang dan jasa. Kalau
inflasi sangat tajam, mungkin diadakan pengendalian upah dan harga.
• Kebijaksanaan keuangan, tingkat bunga dan devaluasi atau revaluasi uang dalam hubungannya dengan uang asing.
• Kebijaksanaan fiskal: tingkat pajak atau perusahaan dan perorangan.
• Neraca pembayaran, surplus atau defisit dalam hubungannya terhadap perdagangan luar negeri.
Setiap
segi ekonomi ini dapat membantu atau menghambat usaha mencapai tujuan
perusahaan dan menyebabkan keberhasilan ataupun kegagalan strategi.
Misalnya, resesi sering menyebabkan pengangguran, bila kita memproduksi
barang sesuka hati kita, yang dapat menyebabkan penjualan rendah.
Kebijaksanaan perpajakan dapat mengurangi daya tarik investasi dalam
suatu industri atau mengurangi pendapatan setelah dipotong pajak dari
para konsumen, yang akhirnya mengurangi tingkat pengeluarannya.
c. Social
Faktor-faktor
sosial terpusat pada penilaian dari sikap konsumen dan karyawan yang
mempengaruhi strategi. Para perencana strategi harus mengikuti perubahan
pada tingkatan pendidikan dan penilaian sosial dengan maksud menilai
dampaknya terhadap strategi mereka. Tetapi reaksi khas dari perusahaan
terhadap faktor-faktor sosial berbeda-beda, dari perubahan dalam tingkah
laku sampai ke usaha mengubah penilaian sosial dan sikap melalui usaha
hubungan kemasyarakatan.
Faktor-faktor sosial yang dianalisis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan antara lain:
• Distribusi pendapatan
• Demografi
• Tenaga kerja / mobilitas sosial
• Perubahan gaya hidup
• Sikap kerja
• Pendidikan
• Kesehatan dan kesejahteraan
• Kondisi kehidupan (polusi, perumahan, dsb)
d. Technology
Perencana
strategi yang efektif meneliti lingkungan untuk mencari perubahan
teknologi yang dapat mempengaruhi bahan baku, operasi, dan produk serta
jasa perusahaan, karena perubahan teknologi dapat memberikan peluang
besar untuk meningkatkan hasil, tujuan atau mengancam kedudukan
perusahaan.
Dorongan pemerintah melalui kebijaksanaan pajak dan
undang-undang juga memainkan peranan dalam perubahan teknologi. Kemauan
untuk melakukan inovasi dan mengambil resiko nampak merupakan komponen
yang penting. Selanjutnya perubahan teknologi menghendaki iklim sosial
ekonomis yang dapat menerimanya.
Faktor-faktor politik yang dianalisis dan didiagnosis oleh kebanyakan perusahaan antara lain:
• Fokus pemerintah dan industri pada kemajuan teknologi
• Penemuan dan pengembangan baru
• Kecepatan dari transfer teknologi
• Rates of technology obsolescence
• Biaya dan penggunaan teknologi
• Perubahan dalam ilmu pengetahuan
• Dampak dari perubahan teknologi