Cara Mencegah dan Menghilangkan Komedo


Menghilangkan Komedo
Apa itu komedo? Menurut Wikipedia, komedo adalah pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo ada dua jenis, komedo yang terbuka disebut Belackhead, sedangkan yang tertutup disebut Whitehead.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo. Yang pertama dengan scrubbing, laser, menggunakan krim malam atau dengan peeling. Namun, bagi yang belum terkena masalah komedo, sebaiknya melakukan langkah pencegahan.

Cara Mencegah Komedo


Berikut ini beberapa cara perawatan wajah untuk mencegah komedo muncul di kulit wajah Anda:

Minum air putih
Malas minum air putih ternyata bisa menyebabkan si komedo enggan diusir. Padahal, air putih akan membantu produksi keringat yang akan membantu mendorong keluar si komedo tersebut.

Konsumsi buah dan sayuran
Nutrisi yang didapatkan dari buah-buahan dan sayuran dapat memberikan perawatan yang maksimal bagi kulit. Vitamin E, A, dan C akan membantu proses regenerasi dan pemenuhan nutrisi, sehingga kulit kembali menjadi segar dan indah.

Rajin membersihkan sisa makeup
Jangan keburu tidur sekalipun Anda mengantuk sehabis berkegiatan sepanjang hari. Sempatkan untuk membersihkan sisa makeup dan mencuci wajah dengan sabun sebelum tidur. Biarkan kulit Anda beristirahat dan bernafas lega setelah seharian harus dihadang oleh makeup.

Masker wajah
Perasan sari jeruk nipis akan membantu membuka pori-pori serta membersihkan sisa kotoran yang ada di dalam pori-pori. Setidaknya seminggu sekali, gunakan masker ini sehingga komedo ogah tinggal lama-lama. [ Masker Wajah Alami ]

Tea tree oil
Ampuh mengatasi jerawat, tea tree oil bisa mencegah munculnya jerawat baru. Oleskan di daerah T, pipi dan dagu, sehingga daerah tersebut tidak menjadi sarang yang baru bagi komedo dan jerawat.

Air teh
Dua kali seminggu, basuh wajah dengan air teh yang mengandung antioksidan tinggi. Selain itu, teh juga akan membuat kulit lebih segar dan lembut.

Cara Menghilangkan Komedo


Bila kulit wajah Anda terlanjur diserang komedo, tidak perlu khawatir. Lakukan langkah-langkah berikut untuk menghilangkan komedo di wajah anda:

Gunakan alat yang higienis
Komedo tak bisa hilang begitu saja. Ia harus dikeluarkan dari pori-pori sehingga tidak menyumbat dan menyebabkan munculnya jerawat. Namun memencet sembarangan juga bisa menyebabkan resiko yang besar bagi kulit cantik Anda. Untuk itu, Anda harus menggunakan alat-alat uang cukup steril.

Saat ini, ada alat khusus yang digunakan untuk mengeluarkan komedo. Sebelum digunakan, sterilkan dengan menggunakan alkohol.

Jeruk Nipis
Panaskan 5-6 gelas air dan tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis. Letakkan di meja lalu tutup kepala dengan handuk, biarkan wajah terkena uapnya. Steaming selama kurang lebih 10 menit.

Gosok komedo yang terdapat pada wajah Anda dengan handuk. Jangan menggosok terlalu keras. Basuh wajah dengan air dingin yang berguna untuk menutup pori-pori wajah yang sebelumnya terbuka.

Garam
Gunakan sedikit garam yang dicampur dengan bagian sabun yang basah. Gosok perlahan pada bagian yang terdapat komedo selama 3 menit lalu bilas dengan air bersih. Ulangi terapi ini selama seminggu.

Kunyit dan Ketumbar
Gunakan campuran dari 1 sdt bubuk ketumbar dan 1/2 sdt bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air lalu oleskan pada bagian yang terdapat komedo pada saat akan tidur malam. Basuh wajah pada keesokan paginya dan ulangi terapi ini selama 1 minggu.

Kayu Manis dan Jeruk Nipis
Campur 1 sdt air jeruk nipis dengan 1 sdt bubuk kayu manis dan sedikit air. Oleskan pada malam hari dan basuh pada keesokan paginya.