Kultum : Mesjid sebagai pusat peradaban islam.

 
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ، فَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَّرَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ اَلْوَاحِدُ الْقَهَّاُر، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلأَبْرَارِ. فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ. أَمَّا بَعْدُ؛
 "Segala puji hanya milik Allah dengan pujian yang banyak sebagaimana Allah perintahkan, maka berhentilah dari segala yang Allah larang dan yang Allah peringatkan. Aku bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah Yang Esa dan Perkasa, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah yang menjadi pemimpin bagi semua manusia, shalawat dan salam Allah atas beliau, atas keluarga, shahabat dan orang-orang yang setia mengikuti petunjuknya sampai hari kebangkitan dan hari kembali."

Hadirin wal hadirat rahimakumullah

Pada kesempatan ini saya berdiri di depan anda bukan karena saya merasa lebih pintar dari jamaah sekalian, saya berdi di depAn anda bunkan karesa saya merasailmu sy lebih tinggi dari kalian semua, akan tetapi saya berdi di depan anda hanya untuk menyampaikan yang saya ketahui dan saling memperingatkan satu samalai.

Bapak bapa dan ibu ibu sekalian yang di berkahi allah

pada kesempatan ini saya akan membawakan sebuah kultum yang berjudul : Mesjid sebagai pusat peradaban islam.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Mesjid pada umumnya di pahami oleh masyarakat sebagai tempat ibadah , seperti sholat, dan ibadah lainnya, padahal mesjid itu berfungsi lebih dari tempat ibadah ummat islam. Sejak awal berdirinya mesjid, belum bergeser  dari fungsi utamanya yaitu tempat sholat.

Akan tetapi  perlu di ingat bahwa mesjid pada zaman rasulullah berfungsi sebagai pusata peradaban. Nabi Muhammad SAW mensucikan jiwa  kaum muslim, mengajarkan Al-qur’an, dan Al-hikmah, bermusyawarah untuk menyelesaikan persoalan kaum muslim , membina sikap dasar kaum muslim terhadap orang yang berbeda agama dan ras, hingga upaya upaya meningkatkan  kesejahteraan umat justru dari mesjid.

Mesjid dijadikan simbol persatuan.  Selama sekitar 700 tahun sejak nabi mendirikan mesjid pertama , fungsi mesjid masih kokoh dan original sebagai pusat peribadatan dan peradaban. Sekolah sekolah dan universitas universitas lahir justru dari mesjid.

Akan tetapi sangat di sesalkan karena mesjid mengalami penyempitan fungsi karena adanya interfensi dari pihak pihak tertentu yang mempolitisasi mesjid sebagai  alat untuk memperoleh dan mempertahankan kekuasaan.

Ruh peradaban yang syarat dengan misi ketuhanan seolah olah telah mati. Awal kematian bermula dari hilangnya tradisi  berfikir integral dan komprehensif menjadi berfiir sektoral dan sempit.  Ruh dan aktivitas pendidikan serta merta hengkang dari mejid. Mesjid hanya mengajari ummat tentang belajar baca tulis al-qur’an tampa pengembangan wawasan dan pemikiran islami  dan tempat belajar  ummat tentang ilmu fikih ibadah bahkan lebih sempit  lagi yaitu ibadah praktis dari salah satu mazhab.

Lebih parah lagi mesjid mesjid jadi tempat menghujat dan menyalahkan mashab mashab lain yang berbeda dan menurut mereka itu salah, dan menghujatnya sampai mereka puas.

Dalam syariat islam mesjid memiliki dua fungsi utama yaitu : pertama sebagai pusat ibadah  ritual, ke dua sebgai pusat ibadah sosial. Dari kedua fungsi tersebut titik sentralnya bahwa fungsi utama mesjid  adalah sebagai pusat pembinaan ummat.

Hadirin dan hadirat yang di rahmati allah

Mungkin cukup sekian yang bisa sayaa sampaikan, lebih dang kurangnya mohon di maafka, jika ada sumur diladang kita boleh numpang mandi, klaw ada kesempatan kita pasti bertemu lagi, sekian dulu


ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATU