Al Qiyas (اَلْقِيَا سُ)

   
1. Definisi Qiyas         
             Qiyas itu adalah menetapkan sesuatu hukum perbuatan yang belum ada ketentuan hukumnya berdasarkan sesuatu hukum perbuatan yang telah ada ketentuan hukumnya oleh Nash (Al Quran dan As Sunnah) disebabkan adanya persamaan illat antara keduanya.
        


2. Rukun Qiyas          
             Rukun qiyas ada empat yaitu:
            
a. Pokok  
الأصْلُ yakni yang menjadi ukuran (اَلْمَقِيْسُ عَلَيْهِdisebut juga dengan      tempat menserupakan (اَلْمُشَبَّهُ بِه)     
b. Cabang  
اَلْفَرْعُ yakni hal yang diukurkan (اَلْمَقِيْسُ) atau hal yang diserupakan     (اَلْمُشَبَّهُ)
c. Sebab  
اَلْعِلَّةُ sesuatu sebab yang menghubungkan antara pokok dan cabang.
d. Hukum  
اَلْحُكْم yakni hukum cabang yang dihasilkan dari pengqiyasan tersebut.

3. Macam-macam Qiyas        
             Macam-macam qiyas itu antara lain:
  
a. Qiyas Aula (
اَلأوْلَى) yakni apabila qiyas yang ada pada furu’ terlebih kuat dari     illat pada pokok. Misalnya : kita melarang berkata “hus” pada orang tua, maka     kita tidak boleh menempeleng orang tua, karena hus itu menyakiti rokhani,     sedangkan menempeleng itu menyakiti rokhani dan jasmani.      
b. Qiyas Musawi (
اَلْمُسَا وِي), yakni bila illat pada cabang itu sama bobotnya dengan     illat pada pokok. Misalnya membakar harta anak yatim diqiyaskan dengan     memakan harta anak yatim.        
c. Qiyas Dalalah (
(الدَّلاَلَةyakni qiyas yang menunjukkan dua perkara yang serupa     satu sama lain, bahwa illat didalamnya menunjukkan adanya hukum, tetapi illat     itu tidak mengharuskan adanya hukum. Misalnya zakat bagi anak yatim yang     kaya, diqiyaskan dengan orang dewasa yang kaya.        
d. Qiyas syibih (
اَلشِّبْه), yakni mengqiyaskan furu’ pada dua pokok, illat dicari      antara kedua pokok tersebut yang paling cocok. Misalnya mendoakan orang      kafir yang menyumbang harta untuk kepentingan sosial Islam.         
e. Qiyas Adwan (
اَلأدْوَان) yakni mengqiyaskan hal yang diqiyaskan kepada hukum     yang terhimpun pada hukum tempat mengqiyaskan, seperti mengqiyaskan     lelaki memakai perak kepada memakai emas, karena ada hukum ashal tentang     terkumpul pada haramnya perak dan emas digunakan sebagai tempat air     minum.        

4. Kehujjahan Qiyas  
             Yang dikehendaki dengan ijtihad menurut pandangan golongan ini adalah dengan kemampuan daya fikiran dan kemampuan lainnya menetapkan hukum dengan tetap melihat ketentuan yang telah ada pada nash yakni dengan cara mengqiyas.