10 Orang Pembawa Perubahan Besar Di Dunia

Berdasarkan survei yang dilakukan pcmag.com, terpilihnya 10 orang yang dianggap telah memberikan dampak yang besar dalam kehidupan sehari-hari di jagat teknologi. Baik itu dalam hal jejaring sosial, pengungkapan rahasia negara, software dan teknologi digital.
1. Mark Zuckerberg
Pendiri dan CEO Facebook berusia 26 tahun ini telah dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh tahun ini. Kisah hidupnya telah diangkat ke layar lebar, termasuk jiwa sosialnya membantu sekolah di Newark, New Jersey. Facebook berubah menjadi salah satu platform yang paling penting di Web dan komputasi secara umum.
2. Julian Assange
Saat ini Julian Assange dianggap sebagai pria paling berbahaya dan dicap sebagai teroris oleh sejumlah politisi profil tinggi. Sejak dia meluncurkan dokumen diplomatik AS tentang skandal di Guantanamo Bay dan perang Irak di situs Wikileak, Assange terus diburu agen rahasia. Kebocoran dokumen diplomatik dianggap sebagai kebocoran dokumen rahasia terbesar dalam sejarah.
3. Steve Jobs
CEO Apple ini telah berhasil mendirikan Mac App Store. Dalam dunia bisnis, Jobs menemukan kembali paradigma lain cara mengonsumsi teknologi perangkat lunak yang bergengsi dan paling laku. Walaupun saat peluncuran iPad dan blog teknologi Gizmodo tidak mengesankan masyarakat.
4. Dennis Crowley
Pendiri Foursquare ini telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna. Dan jumlah pengguna terus bertambah sebanyak 180 ribu setiap 10 hari. Foursquare menjadi layanan berbasis lokasi terkemuka baik dari segi pengguna dan ide-idenya. Sejak tahun 2000, Foursquare meluncurkan layanan Dogdeball, yang memungkinkan Anda menyiarkan lokasi Anda kepada sekelompok teman dengan menggunakan ponsel Anda.
5. Steve Ballmer
Sejak Bill Gates meletakkan jabatan sebagai CEO Microsoft pada 2008, perusahaan itu ditangani langsung Steve Ballmer. Ia berjuang agar produk Microsoft bisa tahan menghadapi serangan dari Apple dan Google sebagai kompetiter utama. Setelah gagal dengan Windows Vista, Microsoft memulai dengan Windows 7 yang sukses di pasaran.
6. Andy Rubin
Sejak Google melepas Android di pasaran, penjualan smartphone Google Android menduduki posisi pertama di Amerika Serikat. Inilah keberhasilan Rubin dalam menerapkan sistem operasi terbuka bagi operator telepon. Google juga sukses dalam menetapkan beberapa aturan dasar kunci, untuk mendukung aplikasi di banyak perusahaan.
7. Read Hastings
Hastings sukses menawarkan situs layanan streaming video dari Netflix untuk menonton film dan televisi secara legal dari komputer. Netflix juga menjual perangkat seperti TV, pemutar Blu-ray dan kotak set-top agar  menunjang layanan streaming, dan mempermudah konsumen menikmati tayangan yang disukai.
8. Julius Genachowski
Genachowski dari FCC berfokus pada sejumlah isu teknologi tinggi, dari rencana broadband nasional untuk netralistas bersih (Net Neutrality). Netralitas bersih menjadi topik paling kontroversial tahun ini.
FCC selama ini telah bekerja keras mendirikan badan otoritas untuk mengatur masyarakat AS dalam mengakses internet.
9. Brian Hogan
Brian Hogan adalah anak muda yang menemukan telepon prototipe tertentu di sebuah bar di Redwood City, California. Temuannya itu telah membawa Hogan mendapat keuntungan di blog teknologi pemula.
10. Elon Musk
Pendiri dan CEO SpaceX ini meluncurkan SpaceX Falcon tak berawak 9 roket. Untuk pertama kalinya sebuah perusahaan swasta mampu menerbangkan roket ke orbit. Pada tes kedua bulan Desember, kapsul SpaceX bernama Naga mengelilingi bumi dua kali sebelum mendarat dengan parasut di Samudera Pasifik. Kejadian ini merupakan penerbangan orbital pertama dan pemulihan yang pernah dilakukan oleh entitas nonpemerintah. (mic/jb1)

Sumber : jurnalberita.com