Tips Membuat Lagu Yang Baik

Berikut beberapa tips cara membuat lagu yang baik :

1. Be Creative..!! jgn terlalu takut dengan kemungkinan bisa sama dengan lagu lain.. Just do it.. setelah selesai.. baru direview.

2. Coba dengarkan musik sebanyak-banyaknya dgn aliran yg bervariatif. Dengan begitu, anda akan memiliki banyak referensi untuk modal awal membuat lagu sendiri
3. Biarkan lagu itu menceritakan isi hatimu yang ingin  anda  expose atau ceritakan ke orang/ke diri sendiri..
4. Cari tau sampe dimana tingkat musikalitas  anda …mencoba membuat lagu.. lalu mengkategorikannya ke dalam musik2 yang berada di sekitar  anda ! apakah  anda  berada dijalur mainstream atau indie.
5. Jangan monoton dalam mengambil tema atau miskin tema.  anda  bisa ambil referensi dari band atau artis lain.
6. Jangan selalu ngrfollow band-band yang udah gede. Komersil bukan berarti anda  harus ikut-ikutan band lain dalam artian copas tapi coba lebih beda. Tapi untuk mulai dari band referensi juga gak apa-apa.
7. Jangan selalu ngikutin lagu-lagu yang lagi ngehits jadi kesannya inovatif.
8. Kombinasi personil band  anda  harus ada yang ditonjolkan. Misalnya kalo keyboardist jago,  anda  tonjolin sedikit kemampuan keyboardist  anda .
9. Kalo  anda  udah punya musik yang unik, lirik jangan sampai lemah dalam arti kalah unik sama musiknya.
10. Jangan berpikir tipikal. Contoh : lagu apa ya yg kira2 bakal disuka para cewe dsb
11. Jangan membuat lagu yg terlalu idealis, yang cuma  anda  saja yang ngerti, jadi harus universal
12.  Jangan sekali-kali mengartikan lagu bagus itu sebagai lagu yang dipenuhi berbagai instrumen. Cuma dengan gitar pun lagu bisa terdengar bagus. Ingat, bagus bukan berarti rame. Bukan juga berarti juga kaya bunyi.
13. Jangan takut dan jangan dendam mendengar kritikan orang pada lagu  anda . Kritikan itu justru bisa dijadikan modal untuk membuat lagu  saudara  menjadi bagus.

sumber: http://muhikprat.blogspot.com