Inspirasi Hidup Sederhana

Simple...
"Live"
Tidak akan bakalan susah orang yang hidup sederhana" Demikian sabda Nabi Muhammad SAW dalam riwayat Imam Ahmad. Hadist ini hanyalah salah satu dari sekian banyak sabda Nabi Muhammad SAW yang menyerukan pentingnya hidup sederhana. Dan prinsip kesederhanaan ini tidak hanya terucap, namun ini adalah sikap dan sifat keseharian hidup Nabi Muhammad SAW.


by: Muzakki Magazine


Inspirasi Untuk Hidup Sederhana :
  1. Kita harus yakin bahwa tabi'at dunia ini hanya fana dan bersifat sementara. Dunia ini hanyalah sebagai sarana untuk menuju kekehidupan abadi yaitu akhirat. Dan dunia ini adalah tempat untuk beramal shaleh sebagai bekal diakhirat nantinya, karena sebenarnya kesusahan, kekurangan, kesempitan didunia ini bukanlah musibah ataupun malapetaka, namun ini adalah ujian untuk lebih mengingatkan kita kepada Allah.
  2. Harta bukanlah satu-satunya faktor pemberi kebahagiaan, banyak orang yang kaya raya namun tidak bahagia dan tentram hidupnya. Bahkan harta dan kekayaan akan menjadi bumerang dan dengan mudah akan melemparkannya ke Neraka.
  3. Ingatlah kalau Ajal (kematian) itu tak terduga datangnya, ajal bisa datang kapan saja dan dimana saja, karena ajal tak mengenal kaya, miskin, sehat, sakit, tua ataupun muda. Ajal adalah kegelapan karena tak ada seorangpun yang tahu kapan ia akan mati, karena itu adalah rahasia Allah SWT.
  4. Perbanyaklah membaca Al-Qur'an, hadist, dan berdzikir kepada Allah SWT.
  5. Sering-seringlah membaca kisah-kisah Rasulullah dan sahabat-sahabatnya.
  6. Hidup didunia ini hanya sebentar, hidup yang hakiki dan abadi adalah hidup diakhirat kelak.
  7. Manfaatkanlah seluruh kegiatan didunia ini untuk kepentingan hidup diakhirat nantinya.
  8. Orang yang bijak dan cerdas adalah orang yang bekerja keras dan berusaha baik untuk akhiratnya.
  9. Kehidupan sederhana dan bersahaja adalah pilihan hidup Nabi Muhammad SAW.
  10. Hidup sederhana dan bersahaja menjauhkan kita dari kesombongan, takabbur, riya' dan sifat tercela lainnya.
  11. Hidup sederhana akan lebih mudah untuk bisa lebih dekat kepada Allah dan lebih mudah untuk tetap menjaga kebersihan hati.
  12. Karena Allah SWT lebih mencintai orang yang berhati bersih.                                                              Sumber: http://cuerosbhelatos.blogspot.com/2012/04/inspirasi-hidup-sederhana.html