Penggunaan Lahan Menurut Lokasinya



1. Penggunaan lahan di perdesaanan
Kalian sudah tahu bahwa sebagian besar penduduk perdesaan mempunyai pencaharian di sektor pertanian. Oleh karena itu penggunaan lahan di daerah perdesaan sebagian besar dimanfaatkan untuk pertanian. Disamping itu juga dimanfaatkan untuk permukiman, peternakan, kehutanan, dan sosial.

2. Penggunaan lahan di perkotaan
Penggunaan lahan di perkotaan antara lain dimanfaatkan untuk:
a.  Sebagai pusat pemerintahan
Pusat-pusat pemerintahan biasanya terdapat di daerah perkotaan. Tahukah kamu bahwa istana sebagai kantor presiden terletak ibukota negara? Kantor kabupaten dan kecamatan biasanya juga terletak di kota.
b. Sebagai pusat kegiatan kebudayaan
Banyak gedung-gedung di daerah perkotaan yang dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan  budaya. Pernahkah kamu menyaksikan pertunjukkan musik, tari atau pameran lukisan? Pusat kegiatan kesenian
c. Sebagai Pusat pendidikan
Kota sebagai pusat pendidikan dapat kamu lihat dari sekolah-sekolah yang ada. Sebagai contoh, UNY di Kota Yogyakarta, ITB di Bandung, SMA negeri di setiap ibukota kecamatan.
d. Sebagai pusat kesehatan
Banyak rumah sakit atau puskesmas yang dibangun di  perkotaan.   Rumah sakit apa yang terdapat di kota tempat tinggalmu ?
e. Sebagai pusat permukiman penduduk
Sebagian besar wilayah perkotaan dimanfaatkan untuk permukiman pen-duduk dengan fasilitas jalan dan transportasi yang lengkap. Fasilitas transportasi di perkotaan lebih beragam dan menggunakan lahan yang cukup besar.
 f. Sebagai pusat perdagangan dan industri
Kota sebagai pusat perdagangan dapat kamu lihat dari adanya pasar-pasar dan supermarket yang bertebaran di kota. Sedangkan kota sebagai pusat perindustrian biasanya hanya terdapat dipinggiran kota.