Landasan Pancasila

1. Landasan historis
Bangsa Indonesia terbentuk melalui proses yang panjang mulai jaman kerajaan sampai datangnya penjajah.bangsa Indonesia memiliki prinsip yang tersimpul dalam pandangan hidup serta filsafat hidupdimana didalamnya tersimpul cirri khas,karakter bangsa yang berbeda dengan bangsa lain.
Dalam era reformasi bangsa Indonesia harus memiliki nasionalisme yang kuat,hal ini dapat terlaksana dengan kesadaran berbangsa yang berakar pada sejarah bangsa.
Secara historis nilai – nilai pancasila tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri,atau bangsa Indonesia sebagai kausa materialis pancasila.
2. Landasan Kultural
Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam masyarakat,berbangsa dan bernegara pada suatu asas cultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri.
3. Landasan Filosofis
Pancasila sebagai dasar filsafat Negara dan pandangan filosofis bangsa Indonesia.Secara filosofis bangsa Indonesia sebelum mendirikan Negara adalah sebagai bangsa yang berketuhanan dan berkemanusiaan,hal ini berdasarkan kenyataan obyektif bahwa manusia adalah Tuhan YME.