PENDAHULUAN
Fungsi, kualitas dan benefits dari suatu produk merupakan fokus perhatian konsumen.
Kebutuhan
konsumen yang terus meningkat dan didasari oleh tingkat kekritisan yang
semakin tinggi, cenderung menuntut pelayanan secara pribadi dan ikut
dilibatkan dalam
pengembangan suatu produk. Hal inilah yang menjadi
dasar pemikiran untuk tetap memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan
konsumen dalam segala perubahan sehingga tidak akan berpaling ke produk
substitusi.
Era telepon selular, khususnya Global System for Mobile
communications (GSM), memang baru marak dalam beberapa tahun belakangan
ini. Dari segi teknologi dan merek serta jenis, ponsel yang beredar di
Indonesia sama sekali tidak ketinggalan dari negara lain. Performance
sebuah ponsel sangat tergantung pada kecepatan mengatasi masalah after
sales service yang sangat diharapkan oleh pelanggan.
Salah satu
indikator yang cukup handal untuk kelangsungan hidup dan kemampulabaan
dari suatu proses bisnis adalah kepuasan yang berkelanjutan. Peningkatan
kelangsungan hubungan dengan pelanggan lama dan terus mengakuisisi
pelanggan baru dengan konsep kepuasan pelanggan, akan mempunyai pengaruh
yang lebih besar terhadap bagian pasar (market share).
Terdapat
banyak operator selular di Indonesia, namun hanya beberapa yang
menyediakan berbagai fasilitas untuk kemudahan pelanggannya. Dari
beberapa operator tersebut Telkomsel dengan kartu HALO-nya adalah
operator yang menyediakan feature yang paling banyak, disamping memiliki
keunggulan dalam hal cakupan wilayah. Namun demikian belum semua
pelanggan kartu HALO memanfaatkan fasilitas tersebut. Hal ini disebabkan
oleh faktor ketidaktahuan atau keterbatasan informasi. Karena itu,
promosi dibuat secara nasional melalui iklan di empat stasiun tv swasta,
koran nasional dan korankoran daerah. Iklan ini bertujuan untuk
memberikan informasi kepada pelanggan yang sama sekali tidak tahu.
Brosur-brosur diberikan kepada pelanggan yang tahu ada feature tetapi
belum bisa memanfaatkan secara maksimal.
Sebagai perusahaan yang
masih muda, telkomsel memiliki visi jauh ke depan dan misi memberikan
yang terbaik bagi masyarakat dan negara. Satu-satunya alternatif
Telkomsel
adalah: tumbuh, berkembang dan berjaya. Untuk itulah
seluruh potensi, lapisan dan jajaran telkomsel harus selalu kreatif
berinovasi, memiliki kesatuan sikap dan derap, melangkah maju dengan
semangat kejuangan. Salah satu faktor kunci keberhasilan penyelenggaraan
jasa selular dalam era persaingan ini adalah kemampuan suatu jaringan
operasi menghadirkan customer service kepada masyarakat, suatu filosofi
baru dunia untuk merajakan kepentingan para pelanggannya.
Keinginan
untuk berhasil menyelesaikan masalah sekaligus memuaskan pelanggan
adalah bagian budaya kerja karyawan Telkomsel. Kepedulian terhadap
konsumen merupakan hal yang penting. Untuk meningkatkan kemampuan para
karyawan dilakukan pelatihan kepada karyawan baru dan karyawan lama
sehingga karyawan akan dapat meningkatkan produktivitasnya.
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam meningkatkan pemasaran jasa
di Telkomsel Malang
Area.
download jurnal selengkapnya
Home » Ilmu Ekonomi
» Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Telkomsel Malang Area