Memanfaatkan E-learning Dalam Kegiatan Pembelajaran


elearning4Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang positif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas. Saat ini sebagian guru sudah menerapkan pembelajaran yang berbasis e-learning termasuk saya pribadi. Apa sih e-learning itu ? E-learning adalah pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer, dan atau internet. Dengan e-learning siswa tidak harus bertemu fisik dengan gurunya pada saat kegiatan pembelajaran, namun belajar dapat dilakukan di mana saja asalkan dapat mengakses materi yang diberikan guru.
Sebenarnya materi pembelajaran e-learning tidak harus selalu berhubungan dengan jaringan internet, akan tetapi materi juga dapat didistribusikan off line melalui jaringan lokal seperti melalui media flashdisk maupun CD/DVD. Kemudian dalam aplikasi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa dapat menggunakannya secara mandiri baik itu di sekolah maupun di rumah.
Adapun beberapa pembelajaran berbasis e-learning yang sudah saya terapkan antara lain :
1. Memanfaatkan MS Powerpoint dalam menjelaskan materi pembelajaran.
elearning1
Dengan menggunakan media ini ada beberapa kelebihan yang diperoleh jika dibandingkan pembelajaran secara konvensional atau menjelaskan di papan tulis, yaitu :
  • Lebih merangsang siswa untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji karena lebih menarik.
  • Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik karena dapat menampilkan bentuk-bentuk yang lebih abstrak.
  • Guru tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
  • Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-uang.
  • Dapat disimpan dalam  flashdisk maupun CD, sehingga praktis untuk di bawa ke mana-mana.
  • Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
Salah satu presentasi yang pernah saya buat dapat anda lihat di sini.
2. Memanfaatkan e-learning sekolah
elearning
Kebetulan di sekolah kami juga mempunyai fasilitas e-learning yang dapat dimanfaatkan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Dengan adanya fasilitas ini guru dapat mengupload materi pembelajarannya di e-learning sekolah dan siswa dapat dengan mudah mengakses materi dari guru. Selain itu guru juga dapat memberikan tugas-tugas siswa. Adapun alamat e-learning sekolah kami silakan klik di sini.
3. Memanfaatkan quiz online sebagai penugasan siswa.
program linear 4
Selain menggunakan e-learning sekolah sekali waktu saya juga memanfaatkan beberapa penugasan secara online. Dalam penugasan online ini saya memanfaatkan software Quiz Creator karena tugas yang saya buat dapat dimuat dalam blog ini. Selain itu saya tidak perlu repot-repot mengoreksi pekerjaan siswa karena sistem akan secara otomatis mengirim email berupa hasil jawaban siswa. Adapun contoh quiz creator yang pernah saya buat dapat lihat di sini.
4. Membuat akun Edmodo
elearning3
Apa itu edmodo ? Edmodo adalah situs jaringan sosial tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya tentunya untuk para guru dan murid. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Dengan memiliki akun ini guru dapat dengan mudah mengupload materi dan memberikan penugasan kepada siswa seperti halnya e-learning sekolah seperti pada point 2 di atas. Bedanya edmodo dapat digunakan mandiri oleh guru sekalipun sekolah tidak mempunyai e-learning. Ingin mempunyai akun edmodo silakan klik disini.
Dan sebenarnya masih banyak lagi cara-cara lain penerapan e-learning di dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru, namun baru ini yang bisa saya lakukan hingga saat ini.
Kemudian apa sebenarnya kelebihan pemanfaatan e-learning ? Cukup banyak kelebihan memanfaatkan e-learning dalam kegiatan pembelajaran, antara lain :
  • Memberi kebebasan pada siswa untuk menentukan sendiri waktu dan tempat belajar karena siswa dapat belajar mandiri baik di sekolah maupun di rumah.
  • Menyediakan akses terhadap berbagai sumber data dan materi yang tidak dapat diakses dengan cara lain, seperti grafik, suara, animasi, film, dan lain-lain.
  • Menyediakan lingkungan belajar yang terfokus pada siswa sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar masing-masing siswa.
  • Mendukung terjalinnya komunikasi yang lebih intens antara siswa dan guru.
  • Memungkinkan siswa belajar dengan kecepatan dan cara sesuai kemampuannya.
Semoga tulisan ini dapat memberi semangat bagi rekan-rekan guru yang baru mencoba memulai memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning untuk terus meningkatkan kompetensinya terutama dibidang teknologi informasi. Indonesia berprestasi jika guru memiliki kompetensi…..