Jenis-Jenis Perilaku Menyimpang



a. Perilaku menyimpang yang dianggap sebagai kejahatan atau kriminal yaitu tindakan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di masyarakat. Dalam kejahatan biasanya penyimpangan yang dikatakan oleh devian membawa akibat yang merugikan bagi pihak lain. Contoh dalam kategori kejahatan adalah pencurian, penjambretan, pembunuhan dan lain-lain. Dalam hal-hal tertentu kejahatan dapat mencapai kerugian yang maksimal yaitu hilangnya nyawa seseorang.
b. Penyimpangan sexual, yaitu segala bentuk perilaku sexual yang tidak lazim dilakukan. Dalam masyarakat kita seseorang boleh melakukan hubungan sexual apabila sudah terikat oleh tali perkawinan yang syah, dan hanya dilakukan terhadap yang mengharuskan seperti itu dan didukung oleh norma-norma susila yang hidup dan terpelihara dalam kehidupan masyarakat kita. Yang termasuk penyimpangan sexual diantaranya adalah :
1) Perzinahan
Yaitu suatu perilaku sexual yang dilakukan oleh orang-orang atau pasangan laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh perkawinan yang syah. Dasar perbuatan itu pada umumnya adalah suka sama suka.
2) Pelacuran
Sesungguhnya pelacuran juga termasuk dalam kategori perzinahan. Perbedaannya adalah dalam pelacuran salah satu pihak mengharapkan imbalan dalam bentuk materi.
3) Homosexual/lesbian
Adalah suatu perilaku sexual yang dilakukan oleh dua orang yang jenis kelaminnya sama. Apabila yang melakukan itu orang laki-laki dikenal dengan istilah homosexual dan bila yang melakukan orang perempuan disebut lesbian. Perilaku penyimpangan sexual yang demikian adalah merupakan penyimpangan dari kodrat manusia.
4) Transvetisme
Adalah suatu bentuk penyimpangan sexual dimana untuk memenuhi keinginan sex seseorang melakukannya dengan cara mengenakan pakaian lawan jenisnya.
5) Pedhopilia
Adalah perilaku sexual dimana untuk memuaskan hasrat sexnya seseorang mencari pasangannya yang masih anak-anak. Pada umumnya dalam pedhopilia juga terjadi penyimpangan sexual yang disebut dengan sodomi (hubungan sexual melalu anus).
a.    Perkelahian Pelajar, perkelahian pelajar atau taeuran selalu diawali dengan adanya suatu konflik antara dua pelajar atau lebih yang berlainan sekolah.
b.    Penyimpangan dalam bentuk konsumsi yang berlebih-lebihan / terlarang. Dalam kategori ini dapat diberi contoh adalah mereka-mereka yang suka mabuk-mabukan atau para pengguna obat-obat terlarang.
c.    Penyimpangan dalam bentuk gaya hidup yang lain daripada yang lain. Dalam kelompok ini adalah mereka yang memilih gaya hidup yang tidak semestinya berlaku dalam masyarakat. Penyimpangan dalam bentuk gaya hidup dapat berupa sikap arogan, dapat juga dalam bentuk hidup yang eksentrik.