Kultum: Rahasia panjang umur

Hadirin wal hadirat yang di muliakan oleh Allah

Manusai lahir di dunia ini tampa membawa sesuatu apapun, telah di tentukan ajalnya umur atau jodoh begitu pula rezkinya. Walupun demiian batas umur yang telah di tentukan oleh allahSWT tergantung juga kepada oeang yang menggunakan umurnya.
Pada umumnya orang merasa takut berhadapan dengan kematian, semu orang nerusaha agar dapat berumur panjang. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan sebuah kultum  dengan judul RAHASIA PANJANG UMUR.
RasulullahSAW. Bersabda:
artinya:
“siapa yang ingin di panjangkan umurnya, di lapangkan rezkinya dan di jauhkan darinya berbagai bencana yang dapat memetikannya hendaklah bertaqwa kepada Allah dan menyambung tali silatur rahim”
Bila kita perhatikan hadits Rasulullah tadi ternyata ada dua hal yang mnjadikan manusia berumur panjang. Yaitu senan tiasa menjaga ketaqwaan kepadaAllah dan menjaga silaturrahim antara semua hamba Allah.
Hadits Nabi tadi sejalan dengan anjuran Dokter, yaitu, hindari stres dan jalin hubungan akrab sesama manusia. Niscaya rezki akan datang melimpah dan hidup akan tenang sehingga usia dapat bertambah.
Kenapa taqwa dan silaturrahim menjadi faktor panjang umur, longgar rezki dan tolak bala???, kae taqwa memperkuat sandaran vertikal kita kepada Allah sementara silaturrahim mempererat hubungan horisontal  kepada sesama mahluk Allah. AllahSWT berfirman yang artinya:
“manusia di manapun berada selalu di timpah kehinaan kecuali orang yang memperbaiki hubungan kepada Allah dan sesama manusia”
Benar kita memang harus yakin, usia berada di tangan tuhan, tapi bukan berarti usaha memperpanjangnya tidak akan berhasil , usaha akan berhasil bila di restui allah dalam arti sesuai dangan sunnatullah pastilah berbuah termasuk usaha memperpanjang umur.
Ayat tadi menujukkan bahwa,bahwa seseorang tidak akan hidup bebas dari kordinatnya sebagai mahluk sosial. Disamping bertugas mengemkan kemanusiaan itu di tengah-tangah masyarakatnya,
Anjuran Rasulullah dapat pula di pahami bahwa, bila tidak tercipta hubungan yang harmonis  dalam lingkungan masyarakat, maka boleh jadi orang itu akan jadi stres yang akan membawa kepada kematian.
Hadirin dan hadiray yang berbahagia
Sebagai kesimpulan bahwa:
  • .taqwa dan silaturrahim menjadi dua sysrat berusia panjang .
  • .terkadang bencana yang menimpa kita disebabkan karena ulah orang yang sakit hati,di sekitar kita karena itu jaga selalu silaturrahim
  • .bahwa dalam memelihara hubungan interaksi  sesama hamba allah landasannya harus taqwa.

Demikian ceramah singkat yang saya tulis pada kesempatan ini mudah-mudaham bermamfaat kepda kita semua khususnya saya sendiri. Mohon maaf ata segala kekhilafan terimh kasi kepad semua yang membacanya.