Pengelolaan Candi Plaosan


Pemerintah mengambil peran penting dalam pengeloalaan Candi Plaosan dengan serius. Terlihat dari penempatan beberapa pekerja yang ditempatkan di candi ini. Mulai dari satpam, tukang taman, pembersih candi dan pemandu wisata di candi.
Dari aspek fisik, di wilayah candi sudah ada beberapa fasilitas yang cukup mendukung. Di dalam area candi terdapat mushola, pos satpam, dan toilet. Dengan adanya fasilitas musolha di dalam area candi ini cukup membantu umat muslim yang berkunjung di candi ini untuk tidak perlu jauh-jauh keluar dari wilayah candi untuk mencari tempat beribadah. Selain itu juga Pos satpam yang ditempatkan persis di depan pintu masuk wilayah candi yang digunakan untuk melayani para pengunjung candi serta tempat pengisian buku kunjungan sekaligus untuk membayar uang atribusi.

Dengan tempat yang strategis di dekat jalan besar yang bagus memungkinkan untuk mudah menemui candi ini. Para pengunjung juga bisa menitipkan kendaraan tepat persis di depan pintu masuk candi, tempat tersebut masih dimiliki warga setempat. Selain dekat dengan candi penitipan kendaraan itu juga murah dan aman.