"Khayalan Sosiologis" sebagai cara yang diperlukan untuk memahami apa yang terjadi di
masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia".
Menurut Wright Mills,
dengan "Khayalan Sosiologis", kita mampu memahami sejarah masyarakat,
riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya. Alat untuk
melakukan "Khayalan Sosiologis" adalah permasalahan (troubles) dan
isu (issues). Permasalahan pribadi individu merupakan ancaman
terhadap nilai-nilai pribadi. Isu merupakan hal yang ada di luar
jangkauan kehidupan pribadi individu.Contoh, jika suatu daerah hanya memiliki satu orang yang menganggur,
maka pengangguran itu adalah masalah. Masalah individual ini
pemecahannya bisa lewat peningkatan keterampilan pribadi. Sementara jika
di kota tersebut ada 12 juta penduduk yang menganggur dari 18 juta jiwa
yang ada, maka pengangguran tersebut merupakan isu, yang pemecahannya
menuntut kajian lebih luas lagi.
Mills didefinisikan "Khayalan Sosiologis" sebagai "kesadaran yang
jelas tentang hubungan antara pengalaman dan
masyarakat yang lebih luas."
"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk beralih dari satu
perspektif yang lain: dari politik ke psikologis;
dari pemeriksaan dari keluarga tunggal untuk penilaian komparatif dari
anggaran
nasional dunia; dari sekolah teologi
untuk pembentukan militer; dari pertimbangan industri minyak untuk studi
puisi kontemporer.
"Khayalan Sosiologis": Penerapan berpikir imajinatif untuk bertanya
dan menjawab pertanyaan "sosiologis". Seseorang
menggunakan "Khayalan Sosiologis" menganggap dirinya menjauh" dari
rutinitas kehidupan sehari-hari akrab. (Glidden A12)
Cara lain untuk menggambarkan "Khayalan Sosiologis" adalah pemahaman
bahwa hasil
sosial dibentuk oleh konteks sosial,
aktor, dan tindakan sosial. Untuk memperluas definisi tersebut, itu
adalah pemahaman bahwa beberapa hal dalam
masyarakat dapat menyebabkan hasil tertentu. Para aktor yang disebutkan
dalam definisi hal-hal seperti norma dan motif,
konteks sosial seperti negara dan periode waktu dan tindakan sosial
adalah hal yang kita lakukan yang mempengaruhi orang lain.
Hal yang kita lakukan adalah dibentuk oleh situasi kita berada,
nilai-nilai kita, cara orang di sekitar kita bertindak, dan bagaimana
semua berhubungan dengan beberapa jenis hasil. "Khayalan Sosiologis" juga
dapat dianggap sebagai kemampuan untuk melihat
hal-hal sosial, bagaimana mereka berinteraksi, dan saling mempengaruhi.
"Khayalan Sosiologis" juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk
melihat bagaimana situasi "sosiologis" bermain keluar
karena bagaimana orang berbeda dan keadaan sosial berbeda. Ini adalah
cara berpikir tentang hal-hal dalam masyarakat yang
telah menyebabkan semacam hasil, dan memahami apa yang menyebabkan
menyebabkan hasil tersebut. Hal-hal yang
membentuk hasil ini termasuk (namun tidak terbatas pada): norma-norma
sosial , apa yang orang ingin mendapatkan keluar
dari sesuatu (mereka motif untuk melakukan sesuatu), dan konteks sosial
di mana
mereka tinggal (ex. - negara, periode waktu,
orang-orang dengan siapa mereka bergaul). Pada dasarnya, sebagai satu
aspek dari "Khayalan Sosiologis", apa yang orang lakukan
adalah dibentuk oleh semua hal yang menghasilkan semacam hasil.
"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk melihat hal-hal sosial
dan bagaimana
mereka berinteraksi dan saling mempengaruhi.
Untuk memiliki "Khayalan Sosiologis", seseorang harus mampu menarik diri
dari situasi itu dan berpikir dari sudut pandang alternatif.
Hal ini membutuhkan untuk "berpikir diri kita menjauh dari rutinitas
sehari-hari kita dan melihat mereka baru". Untuk memperoleh
pengetahuan, adalah penting untuk tidak mengikuti rutinitas, melainkan
untuk membebaskan diri dari kedekatan keadaan pribadi
dan meletakkan segala sesuatu ke dalam konteks yang lebih luas. Tindakan
orang
jauh lebih penting daripada tindakan itu sendiri.
"Khayalan Sosiologis" adalah kemampuan untuk beralih dari satu
perspektif yang la
in. Mills percaya pada kekuatan "Khayalan Sosiologis" untuk menghubungkan
"masalah pr
ibadi untuk isu-isu publik." Ada dorongan untuk mengetahui arti historis dan "sosiologis" dari
individu tunggal
dalam masyarakat, terutama pada periode di
mana ia memiliki kualitas dan keberadaannya. Untuk melakukan yang satu
ini mungkin menggunakan "Khayalan Sosiologis" untuk
lebih memahami adegan sejarah lebih besar dalam hal maknanya bagi diri
batin dan
karir eksternal dari berbagai individu.
Perspektif lain adalah bahwa Mills memilih "sosiologi" karena ia merasa
itu adalah
disiplin yang "... dapat menawarkan konsep dan
keterampilan untuk mengekspos dan menanggapi ketidakadilan sosial."
Dia akhirnya menjadi kecewa dengan profesinya
"sosiologi" karena dia merasa telah melepaskan tanggung jawabnya, yang
dikritik da
lam buku klasiknya, "Khayalan Sosiologis".
Dalam beberapa kelas pengantar "sosiologi", "Khayalan Sosiologis" yang
dibesarkan,
bersama dengan Mills dan bagaimana ia ditandai "Khayalan Sosiologis" sebagai sebuah kualitas penting dari pikiran yang
akan membantu laki-laki dan perempuan "untuk menggunakan
informasi dan mengembangkan alasan dalam rangka mencapai penjumlahan
jelas dari
apa yang terjadi di dunia dan apa yang
mungkin terjadi dalam diri mereka ".
Penggunaan "Khayalan Sosiologis" dalam film Keuntungan menggunakan film populer untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap
topik "sosiologis" diakui secara luas.
Mereka yang mengajar kursus di masalah sosial laporan menggunakan film
untuk mengajar tentang perang, untuk membantu
siswa dalam mengadopsi perspektif global dan untuk menghadapi isu-isu
hubungan ras. Ada manfaat menggunakan film sebagai
bagian dari pendekatan multimedia untuk mengajar kursus di budaya
populer. Hal ini juga memberikan siswa "sosiologi" medis
dengan studi kasus untuk tangan-pengalaman observasional. Ini mengakui
nilai film sebagai dokumentasi historis perubahan dalam
gagasan budaya, bahan, dan lembaga. Film digunakan dalam kursus pengantar "sosiologi" untuk menunjukkan
relevansi saat
ini pemikiran "sosiologis" dan untuk
menunjukkan bagaimana "Khayalan Sosiologis" membantu kita memahami dunia
sosial kita. Asumsi yang mendasarinya adalah
bahwa "Khayalan Sosiologis" yang terbaik dikembangkan dan dilaksanakan di
kelas pengantar dengan menghubungkan bahan-bahan
baru dalam konteks teori konflik dan fungsionalisme.
Sumber:
1. id.wikipedia.org/wiki/Sosiologi - Cache
2. prabugomong.wordpress.com/2010/10/.../pokok-bahasan-sosiologi-2/ - Cache
3. ml.scribd.com/doc/66037665/khayalan-sosiologis - Cache