1. perencanaan (planning)
“perencanaan(planning)
adalah aktivitas memikirkan dan memilih rangkaian tindakan-tindakan
yang tertuju pada tercapainya maksu-maksud dan tujuan pedndidikan”.
2. pengorganisasian (organizing)
“pengorganisasian
adalah aktivitas-aktivitas menyusun dan membentuk hubungan-hubungan
sehingga terwujudlah kesatuan usaha dealam mencapai maksud-maksud dan
tujuan-tujuan pendidikan”.
3. pengkoordinasian (coordination)
koordinasi
adalah aktivitas membawa orang-orang, material, pikiran-pkiran,
teknikk-teknik dan tujuan-tujuan kedalam hubungan yang harmonis dan
produktif dalam mencapai suatu tujuan”
4. komunikasi
komunikasi
dalam setiap bentuknya adalah suatu proses yang hendak mempengaruhi
sikap dan perbuatan orang-orang dalam struktur organisasi”.
5. supervisi
“supervise
sebagai fungsi administrasi pendidikan berarti aktivitas-aktivitas
untuk menentukan komdisi-kondisi/syarat-syarat yang esensial yang akan
menjamin tercapainya tujuan-tujuan pendidikan”.
6. kepegawaian (staffing)
dalam
kepegawaian yang menjadi titik penekanan ialah personal itu sendiri.
Aktivitas yang dilakukan di dalam kepegawaian antara lain : menentukan,
memilih, menempatkan dan membimbing personel.
7. pembiayaan (budgeting)
Biaya/pambiayaan
merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi
karena biaya ini sangat menentukan bagi kelancaran jalannya sebuah
organisasi, tanpa biaya yang mencukupi tidak mungklin terjamin
kelancaran jalannya suatu organisasi.
8. penilaian (evaluating)
Evaluasi
sebagai fungsi administrasi pendidikan adalah aktivitas untuk meneliti
dan mengetahui sampai di mana pelaksanaan yang dilakukan di dalam proses
keseluruhan organisasi mencapai hasil sesuai denhan rencana atau
program yang telah di tetapkan dalam rangka pencapaian tujuan
pendidikan.