Jenjang Manejemen

Perusahaan –perusahaan besar biasanya mempunyai paling sedikit tiga jenjang manajemen, yaitu :
  1. Manajemen puncak ( manajemen eksekutif )
  2. Manajemen madya ( manajemen administratif )
  3. Manajemen operasional ( manajemen supervisori )
a.       Manajemen Puncak
Jenjang tertinggi adalah manajemen puncak, sering disebut manajemen senior atau eksekutif kunci, biasanya mempunyai berbagai pengalaman bertahun – tahun. Jenjang ini meliputi dewan direktur, direktur utama atau chief executive officer ( CEO , dan pimpinan lain. Manajemen ini bertugas menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil  keputusan – keputusan penting tentang hal – hal seperti penggabungan ( merger ), produk baru, dan pengeluaran saham. 

b.      Manajemen Madya
Jenjang berikutnya dalam piramida manajemen, disebut manaajemen madya atau manajemen administratif, meliputi pimpinan pabrik dan/atau manajer divisi. Para manajer ini mempunyai tanggung jawab dalam penyusunan rencana operasi yang melaksanakan rencana – rencana umum dari manajer puncak

c.      Manajemen perasional
Manajemen ini merupakan jenjang terendah dalam piramida manajemen. Tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya. Manajer operasional sering disebut “ supervisor garis pertama ” ( first line supervisor ) karena mereka bertanggung jawab melakukan supervisi kepada para karyawan yang mengerjakan kegiatan harian