Contoh Pidato HARDIKNAS




Hari Pendidikan Nasional
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang saya hormati bapak kepala sekolah SMP 1 Boja.
Yang saya hormati bapak/ibu guru dan karyawan SMP 1 boja.
Dan teman-teman dari kelas tujuh sampai kelas Sembilan yang saya cintai.
            Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena sampai pada detik ini kita masih di beri nikmat oleh-Nya. Salah satunya adalah nikmat sehat, sehingga kita dapat berkumpul dalam Acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini tanpa kekurangan suatu apapun.
Ki Hajar Dewantara (1889-1959) seorang tokoh pendidikan Indonesia yang merintis berdirinya lembaga pendidikan Taman Siswa. Terkenal dengan filsafatIng Ngarso Sun Tulodo” artinya Ing ngarso yaitu di depan atau dimuka. Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya. Tulodo berarti tauladan. Jadi makna “Ing Ngarso Sun Tulodo” adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang-orang di sekitarnya. “Ing Madyo Mangun Karso”, Ing Madyo artinya di tengah, Mangun berarti membangun dan Karso berarti mau atau memiliki kemauan. Jadi makna dari kata itu adalah seseorang di tengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. “Tut Wuri Handayani”, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan semangat. Menurut Ki Hajar Dewantara, adalah hak tiap orang untuk bermasyarakat, oleh karena itu pengajar tidak hanya mendidik anak menjadi manusia yang cerdas dalam bidang intelektual, tetapi juga dalam budi pekertinya. Pengajaran jangan hanya mengutamakan kecerdasan pikiran karena hal itu dapat memisahkan orang tepelajar dengan rakyat.
Pada masa sekarang telah dibangun sekolah-sekolah di seluruh wilayah Republik Indonesia untuk memenuhi kebijakan pemeintah, yaitu Wajib Belajar 9 Tahun. Karena letak geografis Indonesia yang sangat luas, ditunjang oleh budaya, sosial, dan ekonomi masyarakat yang berbeda, sehingga pendidikan 9 tahun belum merata tercapai. Ini dapat dibuktikan masih banyak sekolah yang kondisinya meprihatinkan termasuk sarana, fasilitas teknologi, serta sumberdaya manusia yang belum memadai. Padahal kemajuan suatu bangsa akan ditentukan oleh pendidikan yang berkualitas.
Melalui Hari Pendidikan Nasional ini kita berharap semoga Bangsa Indonesia dapat meningkatkan dan mencerdaskan generasi penerus bangsa. Dan kepada para pelajar, marilah kita tingkatkan peran dalam membangun bangsa dan Negara kita, agar mampu bersaing di masa yang akan datang.
Pendidikan adalah bagian yang sangat penting bagi suatu bangsa. Karena tingkat pendidikan mempengaruhi status suatu bangsa. Semakin tinggi tingkat pendidikan suatu bangsa atau negara, maka akan semakin tinggi pula status Negara kita di mata dunia internasional.
Maka marilah kita menuntut ilmu setinggi-tingginya karena ilmu adalah bekal yang tidak akan habis termakan waktu. Sekian pidato yang saya sampaikan, jika ada kekurangan dalam bertuturkata baik yang sengaja atau pun yang tidak saya sengaja, saya mohon maaf.
 Wassssalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.