Manfaat Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional


Daun Jambu Biji
Setelah sebelumnya saya menjelaskan mengenai manfaat buah jambu biji, kali ini giliran daunnya. Ya, selain buahnya yang kaya vitamin ternyata daun jambu biji juga bermanfaat sebagai obat tradisional untuk menghilangkan berbagai penyakit.

Mungkin ada diantara para pembaca yang sudah mengetahui bahwa daun jambu biji atau jambu klutuk ini sering digunakan sebagai obat diare dan perut kembung. Namun ternyata bukan cuma itu saja penyakit yang bisa diatasi dengan daun jambu biji.

Kandungan Daun Jambu Biji


Daunnya mengandung tanin yang bersifat astringent, bermanfaat sebagai antidiare. Selain itu juga mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare. Kandungan lainnya adalah minyak atsiri yang antara lain zat avikularin dan guaijaverin yang sifatnya antibakteri.

Buah jambu klutuk (Psidium guajava Linn.) banyak mengandung vitamin C sehingga membantu penyembuhan penyakit. Kandungan pektinnya dapat menurunkan kolesterol.

Manfaat Daun Jambu Biji


Nah, berikut ini beberapa penyakit yang bisa diobati dengan daun jambu biji serta cara membuat ramuannya. Silahkan dibaca dengan teliti.

Mengobati Diare

Ambil 6 helai daun jambu klutuk, dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang. Peras. Airnya diminum. Ramuan ini cukup untuk diminum 2 kali sehari.

Mengobati Sakit maag

Ambil 8 helai daun jambu klutuk, dicuci bersih. Rebus dengan 1,5 l air. Air rebusan ini untuk diminum 3 kali sehari.

Obat Luka

3 pucuk daun jambu klutuk dicuci lalu dikunyah sampai lumat. Tempelkan lumatan tersebut pada luka. Kandungan astringent pada jambu klutuk mampu menghentikan perdarahan.

Obat Sariawan

Segenggam daun jambu klutuk dan 1 jari kulit batang daun jambu klutuk dicuci, lalu direbus dengan 1 l air. Saring. Tunggu agak dingin baru diminum sekaligus.

Mengobati Keputihan

2 genggam daun muda jambu klutuk dan 7 helai daun sirih dicuci, direbus dengan segelas air. Saring. Tunggu agak dingin baru diminum. Ramuan ini cukup untuk 2 kali sehari.

Mengobati Perut kembung pada anak

3 helai daun jambu klutuk, 2 cm kulit batang pulasari, 5 buah adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 3 kali sehari. Anak di bawah 3 tahun 1 sendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.

Mengobati Sakit kulit

Segenggam daun muda jambu klutuk, 7 kuntum bunga jambu klutuk dicuci, dilumatkan sampai halus. Gosokkan pada kulit yang sakit.

Mengobati Diabetes

1 buah jambu klutuk yang setengah masak dicuci, dibelah-belah, lalu direbus dengan 1 l air. Air rebusannya untuk diminum 2 kali sehari.

Mengobati Beser (sering buang air kecil)

3 pucuk daun jambu klutuk dicuci, dilalap dengan sedikit garam dan sedikit merica, dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.

Oke, itu dia beberapa manfaat dari daun jambu biji sebagai obat tradisional untuk menghilangkan berbagai penyakit. Bahkan, beberapa obat kimia sudah menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk produknya.