Nama-Nama Lain Al-Quran

1.Al-Kitab
            Dinamakan Kitab,karena ayat-ayat Al-Quran tertulis dalam bentuk kitab.Dalilnya:
ذلك الكتب لا ريب فيه هدى للمتقين (البقرة : )
            Artinya:Kitab itu tidak ada keraguan didalamnya sebagai petunjuk orang-orang yang bertaqwa(Al-     Baqarah:2)

           
            Artinya:Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.
            Menurut pengertian yang dapat ditangkap dari beberapa ayat Al-Quran yang lainnya (misalnya surat Al-Furqan:35 dan surat Maryam::30).Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa dan Injil untuk nabi Isa,juga disebut Al-Kitab.



2.Al-Furqan
            Yang berarti pembeda.yang berarti Al-quran menjelaskan antara yang hak dan yang bathil,antara yang benar dan yang salah,antara yang baik dan yang buruk.berdalil kepada firman Allah yang berbunyi:
تبرك الذي نزل الفرقان على عبده ليكون للعلمين نذ يرا ( الفرقان : 1)
            Artinya:Mahasuci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hambaNya(Muhammad),agar dia menjadi pemberi peingatan kepada seluruh alam(Al-Furqan:1)
3.Adz-Dzikr
            Disebut Al-Dzikr yang berarti peringatan,menurut Al-Zarkasyi,karena Al-Quran mengandung peringatan-peringatan,nasihat-nasihat serta informasi mengenai umat yang telah lalu yang tentu saja sebagai peringatan dan nasihat juga bagi orang yang bertaqwa.Ayat Al-Quran yang menunjukkan didalam surat Ali ‘Imran,Al-Hijr dan An-Nahl
4.Al-mushaf
            Allah menyebut shuhuf untuk kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi Ibrahim dan Musa.Dahulu pada zaman Rasulullah saw. Para sahabat menulis Al-Quran pada kayu,batu,kulit dan pelepah kurma.Benda-benda yang telah ditulis ayat Al-Quran itu disebut shuhuf.setelah shuhuf-shuhuf itu dikumpulkan dan digabung menjadi satu,maka para sahabat nenyebutnya Mushaf