Dalam Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 SPN pasal 1 ayat 6
disebutkan, Konselor adalah pendidik yang merupakan salah satu tenaga
kependidikan yang berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.
Menurut pendapat kami, konselor adalah lulusan sarjana BK dan telah menempuh pendidikan profesi selama 1 tahun
Beban kerja guru bimbingan dan konseling/konselor adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik dan paling banyak 250 (dua ratus lima puluh) peserta didik per tahun pada satu atau lebih satuan pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk layanan tatap muka terjadwal di kelas untuk layanan klasikal dan/atau di luar kelas untuk layanan perorangan atau kelompok bagi yang dianggap perlu dan yang memerlukan. Sedangkan beban kerja guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah membimbing 40 (empat puluh) peserta didik dan guru yang diberi tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/madrasah membimbing 80 (delapan puluh) peserta (Depdiknas. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas: Jakarta, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
v Bailey, seperti dikutip oleh Attia M. Hana, menyebutkan beberapa ciri yang harus dimiliki oleh pembimbing /konselor , yaitu :
a) Memiliki sifat penting pendidik pada umumya, yaitu ikhlas, adil, pengetahuan sosial,sehat jasmani dan rohani.
b) Pengenalan terhadap pemuda dengan pengertian yang disertai oleh kasih sayang.
c) Kestabilan emosi.
d) Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dan menarik perhatiannya.
e) Luas pengetahuan, bakat, dan pengenalan yang sehat dan penilaian yang tepat/ kuat.
v Cose, seperti dikutip oleh Attia M. Hana, menyatakan ciri-ciri konselor yaitu :
Menurut pendapat kami, konselor adalah lulusan sarjana BK dan telah menempuh pendidikan profesi selama 1 tahun
- 2. Apa tugas Konselor?
- Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.
- Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.
- Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan sekolah/madrasah secara mandiri.
- Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.
Beban kerja guru bimbingan dan konseling/konselor adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik dan paling banyak 250 (dua ratus lima puluh) peserta didik per tahun pada satu atau lebih satuan pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk layanan tatap muka terjadwal di kelas untuk layanan klasikal dan/atau di luar kelas untuk layanan perorangan atau kelompok bagi yang dianggap perlu dan yang memerlukan. Sedangkan beban kerja guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah membimbing 40 (empat puluh) peserta didik dan guru yang diberi tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/madrasah membimbing 80 (delapan puluh) peserta (Depdiknas. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas: Jakarta, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
- 3. Kepribadian Konselor yang efektif
- Empati
Empati adalah kemampuan sesorang untuk merasakan secara tepat apa yang dirasakan dan dialami oleh orang lain dan mengkomunikasikan persepsinya. Orang yang memiliki tingkat empati tinggi akan menampakkan sifat bantuannya yang nyata dan berarti dalam hubungannya dengan orang lain, sementara mereka yang rendah tingkat empatinya menunjukkan sifat yang sevara nyata dan berarti merusak hubungan antarpribadi. - Respek
Respek menunjukkan secara tak langsung bahwa konselor menghargai martabat dan nilai konseli sebagai manusia. Hal ini mengandung arti juga bahwa konselor menerima kenyataan; setiap konseli mempunyai hak untuk memilih sendiri, memiliki kebebasan, kemauan,dan kemampuan membuat keputusannya sendiri. - Keaslian (Genuiness)
- Kekonkretan (Concreteness)
- Konfrontasi (Confrontasi)
- Membuka Diri
- Kesanggupan (Potency)
- Kesiapan (Immediacy)
- Aktualisasi Diri (Self Actualization)
v Bailey, seperti dikutip oleh Attia M. Hana, menyebutkan beberapa ciri yang harus dimiliki oleh pembimbing /konselor , yaitu :
a) Memiliki sifat penting pendidik pada umumya, yaitu ikhlas, adil, pengetahuan sosial,sehat jasmani dan rohani.
b) Pengenalan terhadap pemuda dengan pengertian yang disertai oleh kasih sayang.
c) Kestabilan emosi.
d) Kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dan menarik perhatiannya.
e) Luas pengetahuan, bakat, dan pengenalan yang sehat dan penilaian yang tepat/ kuat.
v Cose, seperti dikutip oleh Attia M. Hana, menyatakan ciri-ciri konselor yaitu :
- Adil
- Ikhlas
- Kepribadian
- kelakuan baik
- filsafat yang betul
- pengenalan yang betul
- sehat jasmani
- emosi stabil
- kemampuan membuat persahabatan
- kemampuan menyertai orang lain
- memahami orang lain dengan kasih saying
- memperhatikan orang lain
- memahami perbedaan pendapat
- lincah dan serasi
- cerdas
- sadar mental pengetahuan social
- luas pengetahuan
- bakat
- kepemimpinan
- merasakan segi-segi kelemahan
- sikap positif terhadap tugas
- peka terhadap pelaksanaan misi
- condong kepada pekerjaan jenis itu
- mengerti suasana pengajaran
- memahami keadaan social-ekonomi
Sumber :- Ikhlas
- Kepribadian
- kelakuan baik
- filsafat yang betul
- pengenalan yang betul
- sehat jasmani
- emosi stabil
- kemampuan membuat persahabatan
- kemampuan menyertai orang lain
- memahami orang lain dengan kasih saying
- memperhatikan orang lain
- memahami perbedaan pendapat
- lincah dan serasi
- cerdas
- sadar mental pengetahuan social
- luas pengetahuan
- bakat
- kepemimpinan
- merasakan segi-segi kelemahan
- sikap positif terhadap tugas
- peka terhadap pelaksanaan misi
- condong kepada pekerjaan jenis itu
- mengerti suasana pengajaran
- memahami keadaan social-ekonomi
ü http://ict.unimed.ac.id/upbk/konseling.html?func=view&catid=9&id=3
ü http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2134616-definisi-konselor/#ixzz1aRqOFfil